Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Mahasiswa Segel Buddha Bar

Kompas.com - 05/03/2009, 15:19 WIB

JAKARTA, KAMIS — Puluhan mahasiswa Buddhis menyegel Buddha Bar yang terletak di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Mereka menyegel tempat itu setelah bersepakat dengan pengelola bar tersebut. "

Tadi kami menyegel Buddha Bar. Penyegelan akan terus dilakukan sampai urusan beres. Pihak pengelola juga setuju tidak akan buka," ujar perwakilan Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia, Widodo, kepada wartawan, saat tiba di depan kantor Gubernur DKI Jakarta, Kamis (5/3).

Menurut dia, saat ini pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengirimkan surat ke Perancis tentang penolakan tersebut. Perlu diketahui, bar ini merupakan usaha waralaba dari Perancis. Selain itu, pihak pengelola bar juga telah mengajukan permohonan penggantian nama ke Perancis. "Jadi sebelum proses itu selesai. Kami tetap segel bar tersebut," kata dia.

AMB mengecam keberadaan Buddha Bar di Jalan Teuku Umar Nomor 1 Jakarta Pusat. Restoran sekaligus bar itu dinilai telah melecehkan agama Buddha. Kehadiran Buddha Bar ini dinilai telah melukai hati umat Buddha di Indonesia.

Buddha, lanjutnya, memiliki makna luhur yang tidak pantas disandingkan dengan kata 'bar' yang identik dengan tempat minum beralkohol atau memabukkan. Terlebih lagi, lanjutnya, bar tersebut menempatkan simbol-simbol agama Buddha di dalamnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com