Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah Terendam

Kompas.com - 27/03/2009, 09:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jebolnya tanggul Situ (Danau) Gintung menyebabkan banjir bandang sehingga ratusan rumah terendam dan puluhan warga diperkirakan meninggal dunia. "Kejadiannya tadi sewaktu subuh, sekitar pukul 04.00," kata seorang warga, David, seperti dikutip Antara di Jakarta, Jumat (27/3) pagi.

Ia memaparkan, tanggul jebol karena tidak mampu menahan air yang semakin lama semakin meninggi akibat hujan deras yang terjadi pada Kamis sore hingga malam hari.

David  mengatakan, tanggul jebol juga mengakibatkan ketinggian air di Danau Gintung menyurut. Ketinggian air di Danau Gintung semakin lama semakin rendah karena air telah melaju ke daerah permukiman warga. Sementara itu, warga lainnya, Tien, mengemukakan, ratusan rumah yang berada di sebelah utara hanyut. "Saya juga mendengar ada orang yang meninggal karena hanyut," katanya.
   
Saat ini, situasi masih sangat hiruk-pikuk karena banyak warga yang rumahnya terendam sibuk menyelamatkan barang mereka dan banyak juga yang menangis akibat peristiwa naas tersebut.

Sementara itu, berbagai petugas dari beragam instansi, antara lain kepolisian, juga telah datang ke lokasi kejadian. Menurut sejumlah warga, kejadian ini baru pertama kali terjadi di wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com