Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susanto: Saya Pikir Hanya Air Tumpah Biasa...

Kompas.com - 27/03/2009, 18:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hadi Susanto (45), salah seorang warga yang selamat dari bencana jebolnya Danau Situ Gintung, menuturkan pengalamannya. ''Sekitar jam setengah lima, adzan subuh baru saja selesai,'' ungkap warga RT 4 RW 7 ini.

Pukul 03.00 dini hari, kata Hadi, terdapat peringatan dari warga kampung atas yang dekat dengan Danau Situ Gintung. ''Saya langsung bangunkan istri saya, tapi dia tidur lagi. Saya pikir hanya air tumpah biasa. Anak saya juga masih tidur,'' katanya.

Tak berapa lama, saat dirinya berada di kamar mandi terdengar gemuruh air. Dengan cepat, ia langsung mengajak anak dan istrinya segera ke luar dari rumah. Saat itu, ketinggian air sudah setinggi dada orang dewasa. ''Ketinggian air sudah sampai kepala saya cuma berpegangan ke kusen jendela supaya enggak hanyut,'' ujarnya, Jumat (27/3).

Nasib baik masih melingkupi Hadi beserta keluarga, dirinya masih sempat menghindari terjangan air yang lebih tinggi Sambil menyelamatkan diri, ia pun sempat menolong tetangganya yang hanyut.

Hadi hanya bisa bersyukur keluarganya selamat meski harta bendanya ludes diterjang air bah. ''Waktu kejadian saya sudah enggak sempat pakai baju lagi, ini dapat baju dari bantuan,'' ujar bapak empat anak ini.

Rumah Hadi berada di bagian, terendah tetapi berada sekitar 500 meter dari Danau Situ Gintung. ''Air dari danau langsung nendang sampai atap rumah saya habis. Terus air berbalik arah dan berputar-putar di wilayah ini, makanya rusaknya parah,'' tuturnya. (C5-09)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com