Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah di Balik Musibah Situ Gintung

Kompas.com - 28/03/2009, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Musibah yang menimpa warga kampung Situ Gintung, Desa Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur, ternyata membawa berkah bagi warga lain. Banyaknya masyarakat yang datang ke lokasi bencana membangkitkan 'otak bisnis' sebagian orang.

Berdasarkan pemantauan Kompas.com, banyak pedagang menjajakan jualan mereka kepada para pejalan kaki, bahkan terlihat ada pedagang yang menjajakan balon dan mainan anak lainnya.

Lahan parkir pun mendadak menjamur sehingga menimbulkan kemacetan. Para petugas parkir dadakan tersebut memasang tarif yang bervariasi mulai dari Rp 1.000-Rp 3.000. "Kalau saya pasang tarif Rp 2.000. Yah... lumayan buat tambahan," ujar pria yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang rokok ini.

Keuntungan yang sama juga dirasakan oleh Roni, seorang pedagang warung nasi. Dua hari ini, ia meraup untung dua kali lipat dari biasanya. "Kebanyakan yang makan di sini orang-orang yang dateng, wartawan juga banyak," tutur Roni.

Selain itu, banyaknya warga yang datang untuk melihat jebolnya tanggul Situ Gintung membuat petugas keamanan dan ormas setempat melakukan pemblokiran akses menuju Situ Gintung.

Wartawan pun terpaksa harus bergantian menuju tempat kejadian. "Ya terpaksa harus kita palang dan membatasi orangnya, karena takut nanti terjadi longsor susulan," kata salah satu petugas, Chandra (21).

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Jakarta Selatan Kombes Firman Santyabudi mengatakan tidak mungkin membatasi warga yang datang. "Kami mengimbau warga tertib agar pencarian dan evakuasi berjalan lancar," kata Firman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com