Evakuasi Situ Gintung Dihentikan, Korban Tewas Capai 91

Kompas.com - 28/03/2009, 19:50 WIB
Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Hingga Sabtu (28/3) malam, pkl. 19.00 WIB total korban meninggal akibat jebolnya tanggul Situ Gintung, Kelurahan Cirendeu, Ciputat mencapai 91, terdiri dari 60 perempuan, 28 laki-laki, 3 mahasiswa UMJ (2 perempuan, 1 laki-laki). 11 korban belum teridentifikasi berada di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Korban hilang atau belum ditemukan mencapai 102.

Demikian disampaikan DR. Rahmat Salam, Ketua Posko Utama Bencana Situ Gintung, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta.

"Saat ini pencarian korban diberhentikan dulu karena Tim SAR juga butuh istirahat. Pencarian akan dilakukan besok jam 07.00 pagi dengan menggunakan anjing pelacak dari Direktorat Satwa Kepolisian." jelas Rahmat.

Tim SAR, kata Rahmat masih akan menyisir Kali Pesanggrahan dan akan mengupayakan pendekatan pada keluarga korban yang dinyatakan hilang karena ada informasi beberapa korban hilang sudah dibawa keluarganya.

10 alat berat seperti ekskavator, truk, mobil pemadam kebakaran utnuk menyemprot dan menyedot lumpur juga akan diturunkan. "Alhamdulillah proses evakuasi lancar semua. Seluruh titik mendapatkan bantuan" kata Rahmat Salam.

Meski sudah banyak yang datang, beberapa bantuan yang dibutuhkan masih jauh dari cukup seperti dana, selimut, kasur, sepatu boot untuk relawan, sarung tangan karet, linggis, dan kantung mayat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.