Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evakuasi Situ Gintung Dihentikan, Korban Tewas Capai 91

Kompas.com - 28/03/2009, 19:50 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Hingga Sabtu (28/3) malam, pkl. 19.00 WIB total korban meninggal akibat jebolnya tanggul Situ Gintung, Kelurahan Cirendeu, Ciputat mencapai 91, terdiri dari 60 perempuan, 28 laki-laki, 3 mahasiswa UMJ (2 perempuan, 1 laki-laki). 11 korban belum teridentifikasi berada di RS Fatmawati, Jakarta Selatan. Korban hilang atau belum ditemukan mencapai 102.

Demikian disampaikan DR. Rahmat Salam, Ketua Posko Utama Bencana Situ Gintung, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta.

"Saat ini pencarian korban diberhentikan dulu karena Tim SAR juga butuh istirahat. Pencarian akan dilakukan besok jam 07.00 pagi dengan menggunakan anjing pelacak dari Direktorat Satwa Kepolisian." jelas Rahmat.

Tim SAR, kata Rahmat masih akan menyisir Kali Pesanggrahan dan akan mengupayakan pendekatan pada keluarga korban yang dinyatakan hilang karena ada informasi beberapa korban hilang sudah dibawa keluarganya.

10 alat berat seperti ekskavator, truk, mobil pemadam kebakaran utnuk menyemprot dan menyedot lumpur juga akan diturunkan. "Alhamdulillah proses evakuasi lancar semua. Seluruh titik mendapatkan bantuan" kata Rahmat Salam.

Meski sudah banyak yang datang, beberapa bantuan yang dibutuhkan masih jauh dari cukup seperti dana, selimut, kasur, sepatu boot untuk relawan, sarung tangan karet, linggis, dan kantung mayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com