Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fokuskan Pengungsi, Perbaikan Tanggul Tunggu Pemerintah Pusat

Kompas.com - 13/04/2009, 12:39 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Pemda Tangerang Selatan saat ini lebih memfokuskan diri pada relokasi pengungsi. Adapun untuk perbaikan dan rehabilitasi tanggul Situ Gintung akan bekerja sama dengan pemerintah pusat.

"Sejauh ini kami masih menunggu langkah yang diambil oleh pemerintah pusat. Kita memfokuskan diri pada pengungsi," kata A Hadi, Assisten I Pemda Tangsel, di Posko terpadu Wisma Kertamukti, Senin (13/4).

Ia menerangkan, Wali Kota Tangerang serta beberapa instansi terkait masih terus mencari solusi untuk memperbaiki tanggul tersebut. "Belum ada skema yang pasti untuk menangani masalah ini. Apakah nanti akan ada relokasi bangunan atau akan tetap ada bangunan. Semuanya belum bisa dijelaskan. Yang pasti akan sesuai dengan tata letak," ujar A Hadi.

Selanjutnya, Hadi menerangkan, pihaknya terus melakukan pendataan jumlah pengungsi yang belum mempunyai tempat tinggal. Hal itu dimaksudkan agar pembangunan pengungsian tepat sasaran dan tidak berlebih.

Adapun untuk masalah bantuan dalam bentuk materi, Hadi menerangkan, sampai saat ini Pemda Tangerang Selatan masih terus menyalurkan dana yang berasal dari berbagai donatur. Sementara itu, bantuan dana yang berasal dari Pemda Tangerang Selatan masih terus dikaji. "Kita kan wilayah baru, masih perlu penggodokan dana. Tapi pada APBD tahun 2010 sudah dianggarkan," ucapnya.

Saat ini, lanjut Hadi, barak-barak di Wisma Kertamukti 1 sudah dihuni oleh para pengungsi, sedangkan barak pengungsian Kertamukti 2 besok pagi sudah bisa ditempati. "Sebanyak 12 unit barak penampungan di Kertamukti 1 telah ditempati. Paling lambat, besok 24 unit barak di Kertamukti 2 juga sudah bisa diisi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com