Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Riset UI Tahun Ini Naik Rp 10 Miliar

Kompas.com - 15/04/2009, 17:02 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Universitas Indonesia (UI) memperoleh dana riset tahun 2009 dari sumber internal (pendanaan dari UI) maupun eksternal (luar UI) sebanyak Rp 33,3 miliar. Ini meningkat Rp 10 miliar dari dana pada tahun 2008 yang sebesar Rp 23,3 miliar.

"Melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), UI mengelola anggaran yang secara signifikan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," kata Wakil Kepala Humas UI, Devie Rahmawati, di Depok, Rabu.

Menurut dia, daya saing dan kemandirian bangsa dalam merespons globalisasi dunia salah satunya bertumpu pada pengembangan riset dan teknologi. Ia mengatakan, riset ilmiah akan melahirkan pengetahuan baru yang memperkaya pendidikan, kebudayaan, kemajuan teknologi, serta kesejahteraan ekonomi.

Namun, selama ini kontribusi sains dan teknologi bagi kebesaran bangsa belum memberikan hasil yang optimal. Ini tecermin dari masih rendahnya peringkat Indeks Pembangunan Manusia (Growth Competitive Index) Indonesia, yaitu peringkat 54 dari 55 negara pada 2006. Indeks Pembangunan Manusia mengukur daya kompetisi negara yang menggunakan parameter lingkungan ekonomi makro, perkembangan lembaga publik, dan inovasi teknologi.

Selanjutnya Business Competitive Index, yang mengukur daya saing bisnis berdasarkan parameter sofistikasi strategi dan operasi perusahaan serta kualitas lingkungan bisnis nasional, Indonesia berada pada peringkat 58 pada tahun 2006, sedangkan Singapura peringkat 3.

Lebih lanjut Devie mengatakan, setelah berhasil meningkatkan budaya riset pada tahun 2004-2007, UI berupaya keras terus meningkatkan kualitas riset pada tahun 2008-2012.

Dengan demikian, lanjut dia, diharapkan UI dapat mencapai target menjadi universitas riset yang disegani di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2011.

Riset unggulan UI terbagi atas lima bidang yaitu information and communication technology (ICT), nano science and technology, genome technology, indigenous studies and policy studies. Sedangkan riset utama terdiri atas 3 rumpun ilmu yaitu ilmu kesehatan, ilmu sains dan teknologi, serta ilmu sosial dan humaniora.

Hasil-hasil riset unggulan UI dikemas dalam buku Kumpulan Abstrak Diperluas RUUI 2008 yang diterbitkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) UI. Universitas Indonesia sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia, secara konsisten berkomitmen untuk menempatkan diri di titik terdepan pengembangan ilmu.

"Indikator tertinggi dari karya semacam itu adalah publikasi karya di Jurnal Internasional yang berpengaruh serta penghargaan Nobel. Potret determinasi UI dalam memajukan dunia riset dapat ditelisik lewat alokasi dana riset yang dikelola UI baik dari sumber internal maupun eksternal," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com