Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah Ciptakan Kamar Tenang dan Nyaman

Kompas.com - 20/04/2009, 16:57 WIB

KOMPAS.com - Suasana tenang (serene) membuat istirahat lebih nyaman. Coba ciptakan suasana demikian di kamar tidur. Berikut panduannya.

Siapa tak ingin melepas penat dan lelah di kamar tidur yang nyaman. Suasana tenang menjadi salah satu faktor pendukung. Perhatikan poin-poin berikut, untuk memandu menciptakan suasana tenang di kamar tidur.

1. Pilihan Warna

Hindari penggunaan warna cerah yang mencolok. Warna yang seperti itu cenderung "mengundang" kita untuk lebih aktif. Sebaliknya, warna-warna lembut, seperti biru dan hijau, lebih "menenangkan". Warna cokelat dan pastelle yang hangat, juga bisa jadi alternatif.

2. Pencahayaan Ruang

Sama halnya dengan warna. Mata dan tubuh manusia juga bereaksi terhadap intensitas cahaya. Cahaya yang terang, cenderung membuat mata dan tubuh lelah. Untuk beristirahat, sebaiknya atur cahaya menjadi lebih lembut. Dengan demikian mata kita lebih mudah rileks.

3. Hindari Aktifitas dan Keramaian

Jangan biarkan televisi atau perangkat audio menyala, selama kita tidur. Suara yang dihasilkannya, meski setelah Anda terlelap sekalipun, dapat mengganggu kualitas istirahat. Lagi pun, perangkat video/audio yang terus menyala memboroskan energi listrik. Jika memang membutuhkan alunan nada-nada lembut sebagai pengantar tidur, maka nyalakan fungsi sleep pada peralatan. Dengan demikian, ketika Anda pulas, perangkat itu otomatis mati.

4. Pilihan furnitur dan aksesori ruang

Kasur yang empuk dan nyaman, seprai yang halus dan berbahan sejuk, akan membuat Anda lebih cepat terlelap. Tempatkan furnitur dan aksesori sesuai kebutuhan. Ruangan yang terlalu penuh dengan barang, tentu jauh dari rasa nyaman.

5. Sesuaikan dengan kebutuhan dan selera

Salah satu poin penting dalam menata ruangan, adalah kebutuhan dan selera. masing-masing orang memliki kebutuhan dan selera yang berbeda. Jangan terpancing dengan tren dari majalah atau buku-buku interior. Sesuaikan penataan dengan selera dan kebutuhan.

Penulis: Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com