4 Langkah Menjadikan Kamar Mandi Lebih Lega

Kompas.com - 24/04/2009, 14:57 WIB
Editor

KOMPAS.com — Alokasi lahan untuk kamar mandi di rumah biasanya tak terlalu luas, apalagi di rumah yang memang berukuran kecil. Ruangan sempit, seperti halnya kamar mandi, sering kali terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya perhatikan hal berikut:

  1. Siapkan pencahayaan yang cukup. Kamar mandi yang terang akan terasa lebih lega dan nyaman dibandingkan kamar mandi yang kurang mendapat pencahayaan.
  2.  
  3. Ciptakan ilusi dengan cermin. Ini adalah cara yang paling mudah dan banyak digunakan. Aplikasikan cermin berukuran besar di salah satu dinding. Ilusi ini terbukti jitu membuat ruang sempit terasa lebih luas dan lega.
  4.  
  5. Sesuaikan perangkat kamar mandi dengan kebutuhan. Tak perlu menempatkan bathtub jika memang jarang digunakan untuk berendam, terlebih karena ruang sangat terbatas. Gunakan shower area sebagai pengganti bak mandi. Atau kalau masih ingin menggunakan bak mandi, pilihlah yang berukuran mungil sehingga penggunaan ruang bisa maksimal.
  6.  
  7. Bersih dan rapi. Barang-barang berserakan membuat ruangan mana pun, termasuk kamar mandi, tampak sumpek dan tidak nyaman. Oleh karenanya, simpan rapi barang-barang keperluan mandi. Gunakan dinding sebagai area penyimpanan. Tempatkan rak di sana.

Penulis: Anissa

Lokasi: Unit Contoh Casa Grande, Casablanca, Jakarta Selatan

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X