Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Malam, Rani Juliani Akrab dengan Laki-laki

Kompas.com - 04/05/2009, 12:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat kasus Ketua KPK Antasari Azhar mencuat di media beberapa hari terakhir, nama Rani Juliani pun menyusul disebut-sebut dalam berbagai pemberitaan terkait. Mahasiswi jurusan manajemen informasi STMIK Raharja angkatan 2008 ini disebut-sebut menjadi pangkal masalah yang berbuntut pada pembunuhan Direktur PT Rajawali Putra Banjaran Nasrudin Zulkarnaen.

Namun, bagaimana dengan kehidupan perkuliahan gadis belia ini? Di dalam kampus yang memiliki 1.500 mahasiswa dengan 4 jurusan, yaitu MI (Manajemen Informatika), SI (Sistem Informatika), TI (Teknik Informatika) dan SK (Sistem Informatika) itu, Rani tak mengikuti aktivitas kemahasiswaan apa pun. Ia juga tidak menjalin persahabatan yang mendalam dengan sesama mahasiswa.

Tak heran jika tak banyak mahasiswa yang mengenal dara manis berusia 22 tahun ini. Ela (19) misalnya. Mahasiswi jurusan MI ini menerangkan, walaupun dirinya dan Rani pernah satu kelas pada mata kuliah Pengantar Perpajakan Niaga, ia dan Rani belum pernah berinteraksi dalam waktu yang lama. "Rani lebih dekat dengan teman-teman yang laki-laki. Kalau dengan teman perempuan dia tidak dekat," kata gadis berambut panjang ini.

Ela juga berkisah, selama satu kelas dengannya, Rani termasuk mahasiswi yang rajin datang ke kelas. "Dia (Rani) memang rajin kuliahnya, tapi ya itu saya jarang sekali ngobrol dengan dia. Kumpulnya lebih sering dengan teman-teman pria. Tapi sepertinya tidak pernah sampai nongkrong-nongkrong di luar kampus," kata dia lagi.

Sementara itu, mengenai kabar status Rani yang disebut-sebut telah menikah, Ela mengaku tidak mengetahuinya. "Kalau di SIS (Student Information Service) statusnya belum menikah. Tapi kok di berita-berita, status Rani sudah menikah ya?" tanyanya.

Saat ini, menurut Ela, Rani sudah tidak pernah lagi terlihat di kampus. Rani yang mempunyai NIP mahasiswa 08111362196 ini mengambil mata kuliah malam, mulai pukul 17.00 sampai 20.00 dan jumlah sistem kredit semester (SKS)-nya tak lebih dari 21 SKS.

Santi (21), mahasiswa lain, membenarkan kabar bahwa Rani mengambil jam kuliah malam hari. "Dia itu mahasiswa malam yang kebanyakan teman sudah bekerja. Rani tidak terlalu dekat dengan kami. Kalau kenal memang iya, tapi tidak dekat," kata dia.

Seorang mahasiswi lainnya yang sama-sama jurusan MI, Della, justru mengaku tidak mengenal sosok Rani. Ia baru menyadari sosok Rani saat melihat foto gadis itu pada SIS. "Oooo... yang ini Rani, kalau ini sih sering lihat. Yang anaknya montok itu kan," tutur gadis berkacamata ini.

Adapun pihak STMIK Raharja tidak terlalu banyak memberikan informasi mengenai Rani Juliani. Seorang staf kampus yang enggan disebutkan namanya menerangkan bahwa Rani memang pernah berkuliah pada kampus itu, tetapi belum terlalu lama. "Benar Rani pernah berkuliah di sini, tapi cuma sebentar, setelah ada kasus itu, dia sudah tidak pernah masuk," ujar staf tersebut.

Wanita berjilbab itu melihat Rani sebagai sosok yang pendiam dan belum mempunyai banyak teman. "Sepertinya belum ada teman yang akrab dengan Rani, kalau masuk kelas atau duduk-duduk di depan kelas saya melihatnya dia sendirian," ujarnya. "Mungkin karena dia masih baru, kalau mau lebih tahu informasi tentang kepribadian Rani, mungkin bisa ditanya ke tempat dia bekerja karena Rani lebih lama di sana," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com