Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

74 Persen Anggota DPRD DKI Wajah Baru

Kompas.com - 04/05/2009, 18:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekitar 74 persen kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2009-2014 diisi wajah-wajah baru. Dari 94 jatah kursi yang tersedia, 70 kursi diisi wajah baru, 24 sisanya wajah lama.

Wajah baru itu antara lain Wanda Hamida dari Partai Amanat Nasional (PAN). Sementara wajah lama yang bertahan antara lain Inggard Joshua dan Prya Ramadhani dari Partai Golkar, Thamrin dari PAN, Igo Ilham dan Triwisaksana dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aliman Aat dan Achmad Husin Alaydrus dari Parta Demokrat, dan Sayogo Hendrosubroto dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

"Kemarin (Minggu, 3/5) sudah kami tetapkan," kata Sumarno, Anggota KPU DKI Jakarta, Senin (4/5).

Keterwakilan perempuan di DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 juga mengalami peningkatan, yakni dari 11 kursi menjadi 27 kursi. "Kalau pada pemilu lima tahun lalu di DPRD DKI hanya ada 56 kursi dan 11 di antaranya diisi perempuan. Untuk pemilu tahun ini, jatah kursinya ada 94, dan 27 direbut perempuan. Jadi ada peningkatan sekitar 21,2 persen," kata Sumarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com