Pameran Persahabatan Pesawat AURI RI002 - Kompas.com

Pameran Persahabatan Pesawat AURI RI002

Kompas.com - 05/05/2009, 20:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Yayasan Gedung Arsip Nasional RI menyelenggarakan pameran RI002: Napak Tilas Persahabatan. Acara ini merupakan suatu pameran mengenai awal pendirian Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) dengan pesawat pertamanya, RI002, pada waktu revolusi kemerdekaan.

Direktur Eksekutif Yayasan Arsip Nasional RI Tamalia Alisjahbana di Jakarta, Selasa (5/5), mengatakan, pameran ini diselenggarakan untuk mengingat kembali pesawat RI002 dan krunya serta untuk meminta Pemerintah Indonesia memberi penghargaan kepada seluruh kru pesawat tersebut. Pameran ini bukan saja kisah persahabatan antara Bobby Freeberg dan Petit Muharto Kartodirdjo (pilot dan co-pilot RI002), tetapi juga mengenai persahabatan antara Indonesia dan Amerika, serta melukiskan cara rakyat dapat mengubah kebijakan pemerintah dalam negara demokrasi.

Tamalia menjelaskan, 62 tahun lalu pesawat pertama AURI RI002 itu menghilang. Baru 30 tahun kemudian, dua petani menemukan bagian-bagian pesawat itu di hutan di Lampung.

Pameran ini menceritakan petualangan RI002 dengan pilot Amerikanya dan kru Indonesianya menerobos blokade Belanda serta sumbangan mereka pada revolusi. Di sini juga digambarkan diplomasi yang harus dijalankan para pemimpin Indonesia untuk menarik Amerika, negara adidaya terkuat waktu itu, untuk memihak perjuangan Indonesia.

Pembukaan pameran pada 6 Mei di Gedung Arsip Nasional RI. Masyarakat umum bisa menikmati pameran itu pada 7-16 Mei, pukul 09.00-16.30.


Editor

Close Ads X