Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Bersubsidi Juga Bidik Mahasiswa

Kompas.com - 06/05/2009, 19:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan apartemen bersubsidi di kawasan Depok, Jabar, membidik kalangan mahasiswa, masyarakat umum dan para pegawai negeri sipil (PNS) di wilayah itu.
    
"Hunian murah itu, akan dikhususkan bagi mahasisa dan warga Depok, sekarang sedang dibangun dan akan rampung pada awal tahun 2011," kata Direktur Marketing, Very Sugih, didamping Dirut PT Cempaka Bersamamaju, Teddy Budianto, di lokasi pameran REI Expo 2009, Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, apartemen bersubsidi itu dibangun dalam kawasan apartemen mewah di atas lahan 4.000 meter dan merupakan pengembangan tahap kedua setelah bangunan apartemen pertama yang diresmikan tahun 2006.

Hunian program pemerintah itu sengaja dibangun dalam kawasan elit, dengan tujuan agar penghuninya bisa merasakan hidup bersama kalangan menengah ke atas. Selama ini, ada pemisah antara kehidupan dan tempat tinggal masyarakat menengah ke atas dengan warga biasa, namun setelah keberadaan apartemen subsidi itu, mudah-mudahan bisa mempersatukan rasa nyaman kalangan orang berada dan warga kecil bisa membaur.

Dia menjelaskan, pembanguan tahap dua apartemen di kawasan strategis pinggir Jalan Raya Warung Jati, Jakarta selatan itu, sekarang sudah terjual sekitar 25 unit dari 382 kamar yang akan disediakan.

Harga jual pada pameran REI Expo ini berkisar antara Rp90 juta sampai 139 juta, sesuai tipe yang disediakan, sedangkan investasi pembangunan apartemen subsidi itu sekitar Rp150 miliar.

Pembangunan tahap kedua ini, pihaknya akan membuat seribu kamar apartemen dari berbagai tipe, 382 unit di antaranya adalah bersubsidi, dengan 19 lantai. Di lokasi yang sama sebelumnya sudah dibangun sebanyak 870 kamar dalam sepuluh lantai, dengan harga rata-rata di atas Rp130 juta, dari jumlah itu sekarang tinggal sepuluh kamar lagi yang belum terjual.

Peminat hunian apartemen di kawasan Depok itu sebagian besar adalah pengusaha kos, PNS dan mahasiswa. Namun, khusus bagi pembangunan apartemen bersubsidi, sekarang ini sasarannya adalah mahasiswa dan masyarakat Depok kalangan menengah ke bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com