Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemping di Tenda "Bintang Lima" (2)

Kompas.com - 07/05/2009, 14:33 WIB

"YANG kami tawarkan adalah perkemahan petualangan dengan kenyamanan hotel bintang lima," kata Dirut Rakata Adventure, Setyo Ramadi, tentang Tanakita Camp yang dikelolanya. Lokasinya di daerah Situgunung, Sukabumi. “Mau latihan survival di hutan, konservasi, atau proyek sosial, di sini masih sangat memungkinkan. Elemennya pun komplet, dari ketinggian, air, dan sebagainya.”
Tanakita menawarkan beberapa paket pilihan. “Mau mendirikan tenda sendiri, boleh. Mau kemping dengan nyaman seperti di hotel, kami juga siap. Satu kabin dengan tempat tidur paling nyaman sedunia,” begitu promosi Setyo. Kamar mandi dengan air panas, dapur, juga ada.

Untuk kegiatan selama di situ, ada treking, jalan ke air terjun, mengitari danau dengan perahu karet, ke desa untuk melihat kebun dan memerah susu sapi penduduk. Menginap di desa pun, boleh. “Nantinya juga bakal ada program bersepeda dan tubing (meluncur di sungai berbatu dengan ban dalam mobil).”

Biaya untuk semua fasilitas itu Rp 450 ribu per orang, per malam. Kecuali anak-anak di bawah 4 tahun bebas biaya. Harga itu sudah termasuk paket adventure, 3 kali makan, gratis kopi, teh, air putih, serta makanan tradisional. “Kalau mau barbeque, juga kami siapkan tempatnya.”

Jadi, suasana benar-benar dibangun untuk bersantai. Peserta tinggal datang bawa badan. Asyik, kan?

Kemping Nyaman & Aman
* Perhitungkan jarak tempuh. Jangan terlalu jauh (meski pemandangannya bagus) jika membawa anak-anak. Mereka akan bosan di jalan dan cenderung rewel.
* Jangan lupa untuk membawa tisu (basah & kering) yang berguna untuk segala hal. Termasuk jika kamar mandi kurang bersih.
* Bawa obat-obatan (P3K) dan obat luar untuk mengantisipasi keadaan darurat. Juga obat-obatan jika anak menderita alergi, asma, dan lainnya.
* Untuk mengantisipasi sinar matahari yang terik, bawa topi, krem tabir surya, juga kacamata hitam.
* Tak ada salahnya membawa boneka/mainan/buku kesayangan anak supaya anak tidak bosan.
* Bawa sejumlah kantung plastik atau kardus bekas tempat mi instan, gunakan sebagai keranjang sampah. Jangan mengotori tempat perkemahan.
* Jangan lupa bawa kamera. Sayang jika momen indah bersama keluarga hilang begitu saja.
* Sebelum berangkat, periksa seluruh peralatan yang diperlukan. Jangan lupa perhatikan prakiraan cuaca di tempat tujuan. Jika musim hujan, bawa jas hujan/payung dan baju yang agak banyak untuk si kecil.
* Jangan lupa jaket, baju hangat, kaus kaki tebal, dan celana panjang untuk tidur malam. Ingin lebih praktis? Bawalah sarung!
* Jika memungkinkan, bawalah kantung tidur.
* Kenakan sepatu yang nyaman dan tak mudah lembab jika kena udara dingin.
* Sekantung garam akan sangat bermanfaat. Selain bisa dipakai saat ada lintah menggigit, taburkan di sekeliling tenda agar ular tak mendekat.
* Jika membawa HP atau gadget lainnya, pastikan sudah dalam keadaan penuh baterainya.
* Kerjakan sebanyak mungkin kegiatan secara bersama-sama. Misalnya, saat mendirikan/membongkar tenda atau membuat api unggun.
* Bawa perlengkapan makan dan piring plastik atau melamin. Jangan lupakan pisau lipat.
* Taruh baju di dalam tas yang tahan air (atau lapisi dengan plastik) sehingga tidak basah/lembab jika kena hari hujan atau kena embun di daerah dingin.
* Jangan lupa membawa senter. Ini penting untuk malam hari saat harus mengantar si kecil ke toilet untuk buang air kecil.
* Hindari memasak di dalam tenda demi mencegah kebakaran.
* Bawa makanan cepat saji berkalori tinggi dan cukup air minum. Anak-anak cenderung lebih aktif bergerak sehingga perlu makanan pengganti enerji dan cairan yang hilang.

Yuk, Berlibur!


Tanakita Campsite
Rakata Adventure
Jl Lamandau IV No 17, Kebayoran
Baru, JAKARTA
Telp. 021-7200469, 7243252
www.rakataadventure.com

Batu Tapak Camping Ground
Jl Hellipet Cangkuang, Cidahu, Sukabumi
Kantor Jakarta: Citra Garden 5 Blok A1/25, Kalideres, JAKARTA
Telp. 021-93078715, 0812 13832100, 08161864821 (SMS)
www.batutapak.com

Caravan Camping Ground TSI
Taman Safari Indonesia
Jl Raya Puncak No 601, Cisarua, BOGOR 16750
Telp. 0251-8250 000
www.tamansafari.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com