Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Workshop Beasiswa LBI-UI", Ajang Belajar Cari Beasiswa

Kompas.com - 15/05/2009, 14:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tertarik dan berencana memeroleh beasiswa, tetapi Anda ragu dan merasa sulit mewujudkan hal itu karena kendala teknis? Kunjungi workshop ini, siapa tahu Anda mendapatkan jawaban atas kesulitan-kesulitan tersebut!

Digelar dalam tiga sesi selama tiga hari, 'Workshop Beasiswa LBI' diadakan oleh Lembaga Bahasa Indonesia - Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (LBI-FIBUI). Materi workshop dibawakan dalam Bahasa Inggris oleh para dosen Sastra Inggris FIB UI yang pernah memeroleh atau memenangkan beasiswa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut salah seorang panitia, Theraya Paramehta, kegiatan tidak hanya akan membahas teori. Kegiatan juga berupa simulasi terkait tahapan dan proses-proses yang perlu dijalankan oleh calon peraih beasiswa dengan tema-tema seperti:

-Bagaimana caranya menulis proposal yang bisa memenangkan sebuah beasiswa?

-Informasi personal seperti apa yang paling krusial untuk dimasukkan ke dalamnya?

- Jenis-jenis pertanyaan apa yang harus diantisipasi dalam sebuah interview?

- Bagaimana caranya agar dapat memberikan kesan yang istimewa terhadap seorang pewawancara?

- Apa yang boleh dan tidak dilakukan selama wawancara berlangsung?

Bukan Riwayat Hidup

Menurut Thera, banyak orang gagal mendapatkan beasiswa hanya karena kesalahan kecil pada penulisan proposal. "Contohnya saat menuliskan statement of purpose, kebanyakan hal tersebut diterjemahkan sebagai riwayat hidup padahal bukan, semestinya yang ditulis di situ adalah pandangan hidup mereka tentang hal-hal tertentu," ujar Thera.

Untuk itulah, workshop ini akan menjadi "kerja bareng" antara para pemateri dan peserta untuk mengeskplorasi berbagai konsep atau rencana sebuah perolehan beasiswa, membuat penulisan proposal, serta teknis pengajuannya, termasuk cara-cara sukses melewati tahapan wawancara.

Workshop digelar pekan depan, yaitu tanggal 20, 22, dan 27 Mei 2009 di LBI UI Salemba, Jakarta Pusat. "Memang ada jeda waktunya agar peserta bisa membawa pulang pekerjaan rumah dan dievaluasi lagi di ruangan workshop ini," tutur Thera.

Terbuka bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum, pendaftaran bisa menghubungi LBI-FIB UI Depok di Gedung V, Lantai I, telepon (021) 7864075, 78849082 atau LBI-FIBUI Salemba, Jl.Salemba Raya No.4, telepon (021) 319 30335, 392 2436, atau 319 02112, kunjungi situs http://www.lbifib.ui.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com