Megawati Saksikan Festival Tanah Lot

Kompas.com - 30/05/2009, 23:33 WIB
Editor

TABANAN, KOMPAS.com--Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, setelah penetapan nomor urut peserta pemilu presiden 2009 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Sabtu,  langsung menuju Bali untuk menyaksikan Festival Tanah Lot 2009 di Tabanan.

Pada pembukaan festival Sabtu sore turut hadir Gubernur Bali  Made  Mangku Pastika dan fungsionaris PDIP Puan Maharani yang juga putri Megawati.

Festival tersebut akan dimeriahkan oleh ribuan seniman. Festival seni budaya tersebut akan diselenggarakan mulai 30 Mei hingga 7 Juni 2009 yang dipusatkan di Objek dan Daya Tarik Wisata Khusus Tanah Lot.

Selama sembilan hari, festival akan menampilkan seniman dari 10 kecamatan di Tabanan. Festival tersebut diadakan untuk melestarikan budaya di Tabanan, memberikan apresiasi kepada seniman Tabanan, dan sebagai promosi parawisata.

Megawati saat memberikan sambutan mengatakan, ia sangat mengapresiasi kebudayaan Bali.

Ia meminta budaya lokal jangan dirusak oleh pengaruh parawisata. Ia mengingatkan bahwa turis tersebut justru ingin melihat sesuatu yang berbeda dari daerah asalnya.

Untuk itu Megawati meminta daerah-daerah mengembangkan budaya lokal.  "Jangan buat kesenian budaya secara instan," katanya.

Selain itu keanekaragaman budaya lokal di seluruh Indonesia harus dipertahankan.

Menurut Ari Junaedi, staf khusus Megawati, acara yang juga disaksikan ratusan masyarakat tersebut bukan kampanye. "Festival ini rutin dilakukan Pemda Tabanan," kata Ketua Tim Media Pemenangan Pilpres Mega-Prabowo tersebut.

Ari mengatakan kunjungan Mega tersebut sudah lama direncanakan. Selain itu, tidak ada atribut kampanye pada acara tersebut serta tidak ada ajakan unutuk memilih capres tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.