Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Saksikan Festival Tanah Lot

Kompas.com - 30/05/2009, 23:33 WIB

TABANAN, KOMPAS.com--Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, setelah penetapan nomor urut peserta pemilu presiden 2009 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Sabtu,  langsung menuju Bali untuk menyaksikan Festival Tanah Lot 2009 di Tabanan.

Pada pembukaan festival Sabtu sore turut hadir Gubernur Bali  Made  Mangku Pastika dan fungsionaris PDIP Puan Maharani yang juga putri Megawati.

Festival tersebut akan dimeriahkan oleh ribuan seniman. Festival seni budaya tersebut akan diselenggarakan mulai 30 Mei hingga 7 Juni 2009 yang dipusatkan di Objek dan Daya Tarik Wisata Khusus Tanah Lot.

Selama sembilan hari, festival akan menampilkan seniman dari 10 kecamatan di Tabanan. Festival tersebut diadakan untuk melestarikan budaya di Tabanan, memberikan apresiasi kepada seniman Tabanan, dan sebagai promosi parawisata.

Megawati saat memberikan sambutan mengatakan, ia sangat mengapresiasi kebudayaan Bali.

Ia meminta budaya lokal jangan dirusak oleh pengaruh parawisata. Ia mengingatkan bahwa turis tersebut justru ingin melihat sesuatu yang berbeda dari daerah asalnya.

Untuk itu Megawati meminta daerah-daerah mengembangkan budaya lokal.  "Jangan buat kesenian budaya secara instan," katanya.

Selain itu keanekaragaman budaya lokal di seluruh Indonesia harus dipertahankan.

Menurut Ari Junaedi, staf khusus Megawati, acara yang juga disaksikan ratusan masyarakat tersebut bukan kampanye. "Festival ini rutin dilakukan Pemda Tabanan," kata Ketua Tim Media Pemenangan Pilpres Mega-Prabowo tersebut.

Ari mengatakan kunjungan Mega tersebut sudah lama direncanakan. Selain itu, tidak ada atribut kampanye pada acara tersebut serta tidak ada ajakan unutuk memilih capres tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com