Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Usir Nelayan Indonesia

Kompas.com - 01/06/2009, 16:26 WIB

TARAKAN, KOMPAS.com - Tentara Laut Diraja Malaysia mencegat dan mengusir kapal-kapal nelayan Kalimantan Timur bagian utara yang beroperasi di perairan Ambalat, Indonesia. Akibatnya, kalangan nelayan khawatir dengan keselamatan jiwa dan tidak berani lagi mencari ikan di Ambalat, areal operasi mereka.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tara kan Mohammad Soleh menilai pencegatan dan pengusiran merupakan provokasi yang amat berani oleh Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM). "Dengan adanya nelayan di sana, itu menandakan bahwa Ambalat wilayah Indonesia. Kalau nelayan tidak berani lagi, ini amat mengkhawatirkan," katanya, Senin (1/6).

Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy juga menyayangkan aksi provokasi yang masih dilakukan Malaysia. Protes resmi terhadap Malaysia harus terus dilayangkan kepada Negeri Jiran serta dilaporkan kepada PBB.

Meski provokasi masih terjadi, menurut Farid, warga diimbau tidak terpancing. Rakyat diminta tidak perlu resah apalagi bertindak kejauhan seperti menghendaki konfrontasi.

"Utamakan diplomasi karena itu menunjukkan kita bangsa yang tetap berwibawa, bermartabat, cerdas, tidak cepat marah, dan tidak mudah terpancing," katanya. Pemerintah Provinsi Kaltim siap membantu pemerintah pusat menyelesaikan masalah Ambalat.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com