Malaysia Usir Nelayan Indonesia

Kompas.com - 01/06/2009, 16:26 WIB
Editor

TARAKAN, KOMPAS.com - Tentara Laut Diraja Malaysia mencegat dan mengusir kapal-kapal nelayan Kalimantan Timur bagian utara yang beroperasi di perairan Ambalat, Indonesia. Akibatnya, kalangan nelayan khawatir dengan keselamatan jiwa dan tidak berani lagi mencari ikan di Ambalat, areal operasi mereka.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Tara kan Mohammad Soleh menilai pencegatan dan pengusiran merupakan provokasi yang amat berani oleh Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM). "Dengan adanya nelayan di sana, itu menandakan bahwa Ambalat wilayah Indonesia. Kalau nelayan tidak berani lagi, ini amat mengkhawatirkan," katanya, Senin (1/6).

Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy juga menyayangkan aksi provokasi yang masih dilakukan Malaysia. Protes resmi terhadap Malaysia harus terus dilayangkan kepada Negeri Jiran serta dilaporkan kepada PBB.

Meski provokasi masih terjadi, menurut Farid, warga diimbau tidak terpancing. Rakyat diminta tidak perlu resah apalagi bertindak kejauhan seperti menghendaki konfrontasi.

"Utamakan diplomasi karena itu menunjukkan kita bangsa yang tetap berwibawa, bermartabat, cerdas, tidak cepat marah, dan tidak mudah terpancing," katanya. Pemerintah Provinsi Kaltim siap membantu pemerintah pusat menyelesaikan masalah Ambalat.

 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.