Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atur Kamar dengan Fengsui

Kompas.com - 02/06/2009, 08:54 WIB

KOMPAS.com — Di antara Anda mungkin sudah akrab dengan fengsui, seni kuno bangsa China dalam menyelaraskan aliran energi. Fengsui dapat membantu menyeimbangkan atmosfer di dalam rumah dan menciptakan hidup yang lebih bahagia serta sukses bagi penghuninya. Tertarik untuk menerapkannya di dalam rumah Anda? Susan Levitt, pengarang Teen Feng Shui, memberikan cara mudah untuk menerapkan fengsui dimulai dari kamar tidur, tempat di mana kita beristirahat dan mengumpulkan kembali energi untuk beraktivitas keesokan harinya.

1. Pertama, gambar sketsa kamar tidur ke dalam bentuk segi empat di atas kertas. Dinding yang merupakan pintu masuk utama ke kamar Anda harus berada di garis yang paling bawah pada gambar segiempat tersebut.

2. Bagi gambar segi empat kamar menjadi 9 kotak kecil berukuran sama (masing-masing sisi dinding kamar dibagi menjadi 3 untuk menghasilkan 9 kotak yang berukuran sama).

3. Sekarang, mari kita mulai dari kotak-kotak yang paling bawah yang merupakan area di mana pintu menuju kamar berada. Kotak yang berada di bagian sudut paling kiri dari barisan dinding pintu masuk kamar adalah area Pengetahuan. Kotak bagian tengah adalah area Karier, dan kotak di sudut sebelah kanan adalah area Orang-orang penolong/Perjalanan.

4. Beralih ke kotak-kotak yang berada di barisan tengah, area yang berhubungan dengan Keluarga/Kesehatan adalah kotak yang berada di sudut kiri. Kotak yang di tengah adalah Tao atau pusat, dan kotak di sudut bagian kanan adalah Kreativitas/Anak-anak.

5. Terakhir, perhatikan barisan kotak paling atas pada gambar kamar. Kotak yang berada di sudut kiri adalah area Kekayaan, bagian tengah adalah area Ketenaran/Reputasi dan kotak paling kanan adalah area Hubungan/Asmara.

Berikut urutan area yang seharusnya tertera di kamar Anda:

Kekayaan—Ketenaran/Reputasi—Hubungan/Asmara
Keluarga/Kesehatan—Tao—Kreativitas/Anak-anak
Pengetahuan—Karir—Orang-orang penolong/Perjalanan

6. Berikut beberapa benda yang dapat memaksimalkan masing-masing area di kamar Anda untuk lebih menarik apa-apa yang Anda harapkan dalam hidup.

Pengetahuan: Rak buku, buku-buku pengembangan diri.
Karier: Kaca atau benda yang berkaitan dengan air. Gambar atau poster pembangkit motivasi yang mendukung karir.
Orang-orang penolong/Perjalanan: Foto-foto mereka yang suka membantu Anda.
Keluarga/Kesehatan: foto keluarga, benda-benda warisan keluarga, tanaman.
Kreativitas/Anak-anak: Benda-benda seni, komputer.
Kekayaan: Uang, perhiasan, ikan, air mancur, dan segala sesuatu yang berwarna merah, ungu, atau emas.
Ketenaran/Reputasi: Lilin, penghargaan yang pernah Anda raih, tanaman, dan segala sesuatu yang berwarna merah, oranye, atau ungu.
Hubungan/Asmara: Cermin berbentuk bulat atau oval, segala sesuatu yang berwarna merah muda, foto orang tercinta, benda-benda yang berpasangan (2 lilin, 2 kristal, dll).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com