Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gila, Sampah Jakarta 600.000 Ton Sehari

Kompas.com - 16/06/2009, 09:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Aktivitas rumah tangga, pasar, dan lainnya di Provinsi DKI Jakarta merupakan penyumbang terbesar timbunan sampah seberat 600.000 ton setiap harinya.

Sampah sebanyaknya itu, menurut Korel, petugas penyuluh Dinas Kebersihan DKI Jakarta, persentasi sampah terbesar disumbang oleh rumah tangga, yaitu sebesar 52,97 persen, sementara pasar 4 persen, sekolah 5,32 persen, dan selebihnya perkantoran serta industri.

Di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Korel mengatakan, sampah-sampah itu oleh petugas dikumpulkan dan diangkut ke tempat pembuangan sampah sementara hingga ke Tempat Pembuangan Akhir di Bantar Gebang, Jawa Barat (Jabar).

Sebagian dari sampah juga diolah menjadi kompos oleh PT Godang Tua Jaya Farmasi. Dalam mengumpulkan sampah-sampah, Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan 830 mobil yang disebar di daerah-daerah di provinsi itu.

Selain mobil dari Dinas Kebersihan, sejumlah mobil swasta juga dikerahkan untuk membersihkan kota yang tengah merayakan HUT ke-482 ini.

Bantuan mobil swasta itu sekitar 300 unit karena, dalam membersihkan sampah tersebut, Provinsi DKI Jakarta perlu bekerja sama dengan pihak lain.

"Selain itu, Dinas Kebersihan setempat juga menyebarkan gerobak sampah ke semua kecamatan termasuk kelurahan di provinsi tersebut," ujarnya.

Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengharapkan masyarakat membuang sampah pada tempatnya agar kota itu semakin bersih dan indah serta nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com