Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Jakarta Mau Bersih-bersih Ciliwung Loh...

Kompas.com - 16/06/2009, 20:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Daerah DKI Jakarta melalui Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) akan mengadakan Kampanye Kali Bersih. Acara bertema "Stop Nyampah di Kali, Jadikan Ciliwung Bersih Tanpa Sampah" ini akan berlangsung pada 21 Juni 2009 jam 06.00-12.00.

"Ada 2 bentuk kampanye yang akan kita lakukan, di sungai dan di bantaran kali," kata Kepala Bidang Penegakan Hukum BPLHD Ridwan Panjaitan saat Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kampanye Kali Bersih di Jakarta, Selasa (16/6).

Bentuk kampanye pertama, katanya, adalah kerja bakti bersih-bersih sampah di kali melalui lomba perahu rakit, arung sungai dengan membawa spanduk, dan berorasi sesuai dengan tema kampanye. Sedangkan bentuk kampanye kedua di bantaran sungai, meliputi pemasangan tanda larangan/sanksi membuang sampah di kali pada 7 titik lokasi, kerja bakti pemilahan sampah, sosialisasi program kampung ramah lingkungan, penyebaran informasi kualitas air sungai, pembuatan lubang resapan biopori, dan bazar produk daur ulang.

Menurut Ridwan, lokasi kampanye meliputi areal sepanjang 10 kilometer, mulai dari Jembatan Kelapa Dua Depok sampai Jembatan Tanjung Barat. Para warga di kawasan tersebut akan terlibat langsung, yaitu warga RW 1 dan 2 Kelurahan Srengseng Sawah; RW 2, 3, 4, 7, 8, 9, dan 10 Kelurahan Lenteng Agung; dan RW 1, 3, dan 5 Kelurahan Tanjung Barat.

"Melalui kampanye ini kita ingin meningkatkan kesadaran segenap lapisan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, dan atau bantaran sungai, serta mencermati sungai," tuturnya. Selain itu, tambah Ridwan, kampanye ini hendak mengajak warga memilah dan mengolah sampahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, menata bantaran sungainya sebagai bagian dari halaman depan rumahnya, dan menjadikan Sungai Ciliwung sebagai sarana kegiatan ekowisata.

Menurut rencana, kampanye ini akan dihadiri Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Danjen Kopassus, wakil dari Departemen Lingkungan Hidup, Wali Kota Jakarta Selatan, dan Wali Kota Jakarta Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com