Reklamasi: Ancol Sediakan 2,8 Hektar sebagai Kontribusi

Kompas.com - 22/06/2009, 19:23 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) bersedia membayar kontribusi berupa lahan seluas 2,8 hektar kepada Pemprov DKI Jakarta terkait proyek reklamasi pantai Ancol Barat. Namun, penyerahan lahan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Presiden Direktur PT PJA Budi Karya Sukmadi mengemukakan hal itu di Jakarta, Senin (22/6).

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Muhayat, mengatakan, pemprov juga mengharapkan kontribusi berupa lahan, bukan uang. Menurut pemprov sudah mengirim surat kepada Bappenas terkait masalah kontribusi tersebut.

"Hari ini, suratnya sudah dikirim. Isi surat untuk meminta jawaban resmi seberapa besar nilai kontribusi reklamasi Ancol Barat yang harus diberikan PT PJA kepada Pemprov DKI," kata Muhayat.

Selain besaran kontribusi, surat itu juga berisi usulan agar kontribusi tersebut berupa lahan yang bisa dimanfaatkan bagi kepentingan warga Jakarta. Jawaban Bappenas, kata Muhayat, akan menjadikan rujukan dalam penentuan besaran kontribusi yang harus diserahkan PT PJA kepada Pemprov DKI Jakarta.

Adapun Budi Karya Sukmadi mengatakan, pihaknya sudah menyediakan lahan seluas 2,8 hektar untuk kontribusi. Hal itu, menurut dia, sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam surat Ketua Bappenas tahun 1997 yang menyatakan pengembang yang melakukan reklamasi wajib menyerahkan 5 persen dari luas areal yang direklamasi.

"Pada prinsipnya, kami akan mematuhi nota kesepahaman dengan Pemprov DKI mengenai reklamasi pantai Ancol Barat. Karena itu, kami menunggu kepastian dari Bappenas agar kami tidak salah melakukan tindakan. Saat ini kami juga sudah menyediakan lahan 2,8 hektar karena areal yang direklamasi seluas 60 hektar,” kata Budi Karya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.