Curang di PSB, Ada Sanksinya Kok!

Kompas.com - 29/06/2009, 12:26 WIB
Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten Dadang Sofyan mengancam memberikan sanksi tegas kepada kepala sekolah atau guru yang berbuat curang pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun ajaran 2009-2010.

"Jika kami menemukan dan mendapatkan laporan kepala sekolah atau guru maupun pihak sekolah ikut terlibat kecurangan memasukan siswa lewat jalur khusus, akan kami tindak tegas," ujar Dadang, Senin (29/6).

Tindakan tegas itu, lanjut dia, memberikan sanksi sebagaimana tertuang dan berlaku di kedinasan. "Pertama kita tegur, kalau terbukti akan kita jatuhkan sanksi," jelas Dadang.

Kendati demikian, menurut Dadang, Dindik Tangsel belum menemukan kasus adanya kecurangan atau jalur khusus dalam penerimaan siswa baru tahun ajaran 2009-2010 di sejumlah sekolah.

"Sampai saat ini kita belum menerima laporan tersebut, hanya beberapa orang tua siswa yang mengeluhkan mahalnya biaya masuk sekolah," ungkap Dadang.

Dadang mengaku, dia kerap menerima telepon dari beberapa wali murid yang mengaku biaya masuk sekolah negeri baik SMPN atau SMAN cukup memberatkan.

"Mahalnya biaya di sekolah negeri karena sekolah tersebut memiliki standar international, dan mempunyai beberapa sarana dan prasana canggih dibanding sekolah pada umumnya," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dadang meminta, para orang tua murid untuk menyesuaikan dengan kondisi keuangannya jika ingin memasukkan anaknya ke sekolah tersebut.

"Kalau memang dirasa memberatkan jangan memaksakan diri," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.