Rumput GBK Rusak, Tim SBY-Boediono Didenda Rp 150 Juta

Kompas.com - 04/07/2009, 21:29 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang penghujung acara, massa pendukung pasangan calon presiden-calon wakil presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang hadir pada kampanye akbar pasangan tersebut, Sabtu (4/7) sore di Stadion Utama Gelora Bung Karno, seolah tak tertahankan lagi. 

Mereka merangsek ke lapangan rumput stadion tersebut ketika kelompok musik GIGI dan Ungu mencoba menyemarakkan kampanye. Akibatnya, rumput di lapangan tersebut rusak karena terinjak-injak ratusan hingga seribuan orang. 

Padahal, lapangan tersebut akan dipakai untuk pertandingan persahabatan antara Indonesia All Star dan Manchester United pada tanggal 20 Juli mendatang. Rumput tersebut telah disiapkan sedemikian rupa oleh pihak pengelola GBK. 

Maklum saja, lapangan yang akan menjadi medan pertandingan persahabatan itu haruslah berstandar internasional. Sebelumnya, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha GBK Mahfudin Nigara mengatakan, jika rumput lapangan rusak, maka uang jaminan sebesar Rp 150 juta yang diserahkan tim SBY-Boediono tidak akan dikembalikan. Akankah tim SBY-Boediono mematuhi ketentuan tersebut? 

Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum kepada Kompas.com, Sabtu (4/7) malam mengatakan, pihaknya akan tunduk terhadap ketentuan tersebut. "Itu adalah bagian dari aturan main yg musti kami patuhi. Kami bertanggungjawab sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujarnya. 

Anas juga mengatakan, panitia kampanye akbar tersebut akan membantu kembali lapangan GBK "Sebagaimana layaknya lapangan." 

Sebelumnya, ketika kampanye pasangan capres-cawapres Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto, panitia "sukses" menghalau massa untuk menginjak-injak lapangan berumput tersebut. Massa hanya tampak duduk-duduk di sekitar bibir lapangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.