Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Duri Akan Jadi Stasiun Utama

Kompas.com - 09/07/2009, 18:00 WIB

Jakarta, Kompas.com - Pemprov DKI Jakarta akan menjadikan Stasiun Duri di Jakarta Utara sebagai salah satu stasiun utama. Stasiun ini akan direvitalisasi tahun depan.

"Kami tengah memprogramkan angkutan masal berbasis kereta api yang akan menghubungkan dalam kota Jakarta hingga ke Bandar Udara Soekarno-Hatta. Salah satu stasiun yang diproyeksikan sebagai stasiun utama adalah Stasiun Duri ini," kata Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, saat berkantor di Kelurahan Duri Utara, Tambora, Jakarta Barat, Kamis (9/7).

Rencana revitalisasi Stasiun Duri akan dilakukan secara menyeluruh mulai dari bangunan stasiun hingga sarana pendukung yang ada di sekitar stasiun. Pemukiman liar di sekitar stasiun juga akan dibenahi. "Pembangunan stasiun utama harus dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi. Mulai sarana dan juga ketertiban lingkungan di sekitar stasiun," kata Fauzi.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Pemprov DKI Jakarta telah menjalin kerja sama dengan PT Kerata Api (KA). "Saat ini segala perizinan yang menyangkut pembangunan kereta ini sedang diurus," katanya.

Jika rencana itu terwujud, masyarakat, terutama yang hendak ke Bandara Soekarno-Hatta, akan sangat terbantu. "Selain cepat karena tidak macet, dengan menggunakan kereta api warga yang bisa diangkut akan lebih banyak," katanya. Masyakat yang tinggal di sekitar stasiun juga akan diuntung oleh manfaat ekonomi dari kehadiran stasiun tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com