Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Layang-layang Monas Digelar Minggu

Kompas.com - 05/08/2009, 13:00 WIB

Jakarta, Kompas.com — Festival Layang-Layang Tradisional akan berlangsung di Lapangan Monas, Minggu (9/8) mendatang. Ratusan orang akan ambil bagian dalam festival itu termasuk dari sejumlah negara anggota ASEAN.

Wali Kota Jakarta Pusat, Sylviana Murni, di Jakarta, Rabu (5/8), mengatakan, kegiatan Festival Layang-Layang Tradisional yang merupakan acara tahunan itu diselenggarakan Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus). Selain untuk menyambut HUT ke-64 Republik Indonesia, acara itu juga merupakan bentuk kepedulian Pemkot Jakpus terhadap warisan budaya di Jakarta.

Menurut dia, layang-layang merupakan budaya warisan yang nyaris punah. "Salah satu cara untuk mempertahankannya adalah dengan menggelar festival layang-layang. Apalagi dalam permainan layang-layang, ada kombinasi unsur sains dan seni," kata Sylviana Murni.

Ia menambahkan, festival yang digelar mulai pukul 08:00 hingga pukul 18.00 itu mengusung tema "Jakarta Hijau".

Beberapa perwakilan negara-negara ASEAN dipastikan akan turut ambil bagian untuk memeriahkan permainan tradisional itu. "Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan ikut serta dalam festival ini," ujar Sylviana. "Kami mengundang masyarakat untuk mengisi hari liburnya dengan menyaksikan acara langka ini sambil berolah raga. Silakan datang dan saksikan, tidak dipungut biaya apa pun," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com