Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran, Dermaga V Merak Khusus Angkut Motor dan Mobil

Kompas.com - 19/08/2009, 08:54 WIB

SERANG, KOMPAS.com - Dermaga V Pelabuhan Merak yang kini masih dalam proses pembangunan rencananya akan dioperasikan pada musim libur Lebaran tahun ini. Dermaga yang terletak di ujung utara pelabuhan itu akan dibuka khusus untuk kapal pengangkut kendaraan roda dua dan roda empat.

Seperti diungkapkan Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Teja Suparna, Senin (17/8), proyek pembangunan Dermaga V baru selesai sekitar 60 persen. Meski demikian, PT ASDP merencanakan dermaga baru tersebut mulai dioperasikan pada Lebaran tahun ini.

”Dermaga V akan kami operasikan tujuh hari menjelang Lebaran karena biasanya penumpang sudah mulai padat,” katanya.

Rencananya, dermaga baru itu akan digunakan khusus bagi para penumpang yang mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat. Adapun penumpang pejalan kaki akan dilayani di empat dermaga lama, yakni Dermaga I, II, III, dan IV yang sudah dilengkapi dengan jalan penghubung.

Selain menambah satu dermaga baru, PT ASDP juga akan menambah areal parkir seluas lebih kurang 5.500 meter persegi di sekitar dermaga. Loket pembelian tiket yang biasanya hanya lima juga akan ditambah menjadi sembilan loket untuk melayani para pemudik.

Untuk memperlancar arus mudik atau arus balik Lebaran, PT ASDP juga memberlakukan tiket elektronik untuk semua penumpang kapal roll-on roll-off (roro). ”Hasil rapat persiapan mudik dengan sejumlah instansi terkait menyepakati, semua penumpang akan dilayani dengan menggunakan tiket elektronik,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhadi.

Naik 10 persen

PT ASDP memperkirakan jumlah penumpang yang akan menyeberang dari Merak menuju Bakauheni pada Lebaran tahun ini meningkat sekitar 10 persen dari tahun sebelumnya. Jika pada Lebaran tahun lalu jumlah penumpang yang menyeberang melalui Merak mencapai 134.000 orang, tahun ini diperkirakan bisa lebih dari 147.400 orang.

Adapun kendaraan roda dua yang menumpang kapal roro diperkirakan naik 6 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 13.000 kendaraan. Begitu pula kendaraan roda empat diperkirakan naik 6 persen, dari 11.200 unit pada tahun sebelumnya menjadi 11.900 kendaraan.

Untuk itu, PT ASDP Merak sudah menyiapkan sedikitnya 33 kapal roro yang akan melayani penumpang selama tujuh hari menjelang maupun sesudah Lebaran. Selain itu, PT ASDP juga menyiapkan 12 kapal cepat khusus untuk penumpang.

Bukan hanya PT ASDP, persiapan menjelang Lebaran juga dilakukan Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KPPP) Merak. Petugas KPPP mulai giat melakukan razia untuk memberantas para pelaku kejahatan di sekitar Pelabuhan Merak.

”Sasaran razia kali ini adalah pelaku kejahatan,” kata Kepala KPPP Merak Ajun Komisaris Arian P Colibrito, kemarin. (NTA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com