Mudik Tahun Ini, Tol Tangerang-Merak Lebih Padat

Kompas.com - 05/09/2009, 17:48 WIB
Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Pengelola jalan tol, PT Mandala Marga Sakti (MMS) memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan jasa ruas jalan Tol Tangerang-Merak pada Lebaran nanti meningkat dua persen.

"Tingkat kepadatan lalu lintasnya memang diperkirakan meningkat dua persen pada arus mudik 2009 dibanding tahun sebelumnya," kata General Manager Operasional PT MMS, Ernawan B Suwela di Tangerang, Sabtu.

Berdasarkan data pada 2008, jumlah kendaraan yang melalui ruas Tol Tangerang-Merak rata-rata mencapai 30.000 hingga 40.000 unit per hari.   Sedangkan puncak arus mudik pada 2008 terjadi pada H-3 Lebaran dengan kisaran jumlah pemudik lebih dari 40.000 unit kendaraan per hari.

Selain itu, operator ruas jalan tol yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra ini, memperkirakan tingkat kepadatan kendaraan pada arus balik Lebaran 2009 meningkat dua persen.

Sama halnya pada 2008, Suwela menuturkan pihaknya memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 Lebaran, Jumat (18/9). Sedangkan puncak arus balik pada H+5 Lebaran atau Minggu (27/9).

Suwela mengatakan Tol Tangerang-Merak memiliki karakteristik kepadatan lalu lintas saat arus mudik terjadi pada sore hingga malam hari, lain halnya dengan karakteristik ketika arus balik akan terjadi pada pagi hingga malam hari.

Berdasarkan evaluasi PT MMS, tingkat kepadatan lalu lintas paling tinggi pada pintu gerbang ruas Tol Tangerang-Merak, yakni di gerbang Transaksi Cikupa, dengan prediksi jumlah kendaraan sekitar 34.000 unit pada H-2 Lebaran.

Namun demikian, ia mengatakan potensi antrean panjang kendaraan akan terjadi di Cikupa, Serang Timur, Cilegon Barat, dan Merak. Suwela menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan sebagai pengelola Pelabuhan Merak, serta Polda dan Pemerintah Provinsi Banten untuk mengantisipasi agar tidak terjadi antrean panjang di sekitar gerbang tol menuju Merak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.