Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Pengintai Lengkapi Pengamanan di Pelabuhan Merak

Kompas.com - 12/09/2009, 04:02 WIB

CILEGON, KOMPAS.com -  Lima unit kamera pengintai dipasang pihak kepolisian resor (Polres) Cilegon, Banten, di beberapa tempat di dalam Pelabuhan Penyeberangan Merak untuk mengawasi lalu lintas orang dan barang se arus mudik dan arus balik lebaran 2009.  "Kamera pengintai di tempatkan di loket tiket penumpang, ruang tunggu dan loket tiket kendaraan," kata kepala bagian operasi (Kabagops) Polres Cilegon Kompol Agus Imam Rifai kepada  ANTARA Jumat (11/9).
     
Ia juga mengatakan, kamera pengintai di pasang pula di lokasi parkir kendaraan di timbangan dan dermaga. Agus menjelaskan, pemasangan kamera pengintai di lima lokasi tersebut untuk memudahkan petugas kepolisian melakukan pengawasan guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan selama arus mudik di wilayah  pelabuhan.
     
"Di pos pengamanan kami melakukan pemantauan melalui monitor, apabila terlihat ada hal yang mencurigakan pospam memberitahukan kepada petugas di lapangan," ujarnya.  Untuk pengawasan keamanan selama arus mudik, selain Polres Cilegon pihak PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia Cabang Merak juga memasang sekitar 25 unit kamera pengintai.           
     
Situasi pelabuhan melalui kamera pengintai bisa dipantau oleh masyarakat melalui jaringan internet dan oleh pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung.
Kamera pengintai milik PT ASDP dipasang disejumlah titik strategis yaitu di pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Merak, loket tiket penumpang dan jalur penumpang pejalan kaki (gang way).
     
Untuk mengetahui situasi penumpang di luar pelabuhan di pasang kamera pengintai di daerah terminal terpadu Merak. Selain itu untuk memberitahukan kepadatan di dalam pelabuhan, dipasang sistem informasi bagi para pemudik  di gerbang tol Tangerang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com