Kamera Pengintai Lengkapi Pengamanan di Pelabuhan Merak

Kompas.com - 12/09/2009, 04:02 WIB
Editor

CILEGON, KOMPAS.com -  Lima unit kamera pengintai dipasang pihak kepolisian resor (Polres) Cilegon, Banten, di beberapa tempat di dalam Pelabuhan Penyeberangan Merak untuk mengawasi lalu lintas orang dan barang se arus mudik dan arus balik lebaran 2009.  "Kamera pengintai di tempatkan di loket tiket penumpang, ruang tunggu dan loket tiket kendaraan," kata kepala bagian operasi (Kabagops) Polres Cilegon Kompol Agus Imam Rifai kepada  ANTARA Jumat (11/9).
     
Ia juga mengatakan, kamera pengintai di pasang pula di lokasi parkir kendaraan di timbangan dan dermaga. Agus menjelaskan, pemasangan kamera pengintai di lima lokasi tersebut untuk memudahkan petugas kepolisian melakukan pengawasan guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan selama arus mudik di wilayah  pelabuhan.
     
"Di pos pengamanan kami melakukan pemantauan melalui monitor, apabila terlihat ada hal yang mencurigakan pospam memberitahukan kepada petugas di lapangan," ujarnya.  Untuk pengawasan keamanan selama arus mudik, selain Polres Cilegon pihak PT ASDP Indonesia Ferry Indonesia Cabang Merak juga memasang sekitar 25 unit kamera pengintai.           
     
Situasi pelabuhan melalui kamera pengintai bisa dipantau oleh masyarakat melalui jaringan internet dan oleh pihak PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Lampung.
Kamera pengintai milik PT ASDP dipasang disejumlah titik strategis yaitu di pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Merak, loket tiket penumpang dan jalur penumpang pejalan kaki (gang way).
     
Untuk mengetahui situasi penumpang di luar pelabuhan di pasang kamera pengintai di daerah terminal terpadu Merak. Selain itu untuk memberitahukan kepadatan di dalam pelabuhan, dipasang sistem informasi bagi para pemudik  di gerbang tol Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.