Penyeberangan Merak Terapkan "E-Ticket"

Kompas.com - 16/09/2009, 10:45 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi para pemudik yang akan naik kapal roro dari Pelabuhan Merak Banten, kini ada hal baru dalam sistem tiketnya. PT Indonesia Ferry  sebagai operator  penyeberangan kini memberlakukan tiket elektronik  atau e-ticket di setiap pelayanan baik penumpang berjalan maupun penumpang yang menggunakan kendaraan. 

Tiket elektronik itu (e-ticket) bentuknya seperti tiket bus transjakarta. Untuk masuk ke jalur kapal berada, penumpang mesti menempelkan e-ticket tersebut pada alat sensor berbentuk komputer kecil. Setelah itu pintu akan terbuka secara otomatis. Kemudian, para penumpang menyerahkan e-ticket tersebut pada petugas Indonesia Ferry ASDP Merak yang berada dalam kapal.

Menurut petugas pengamanan yang berjaga di loket tiket, sistem e-ticket yang baru berjalan 3 bulan berpotensi menyebabkan penumpukan penumpang. "Karena, para penumpang kapal roro kebanyakan masyarakat golongan menengah ke bawah. Mereka kurang terbiasa dengan sistem elektronik seperti itu. Belum lagi repotnya membawa barang sambil mengakses pintu dengan e-ticket," sebutnya.

Sementara itu, dalam siaran persnya kepada Kompas.com, Rabu (16/9),  PT Indonesia menyatakan bahwa pemberlakuan e-ticket merupakan upaya modernisasi pelabuhan serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat khususnya pada musim mudik lebaran tahun ini.

”Kami akan lakukan strategi jemput bola apabila terjadi lonjakan penumpang,” ungkap Direktur Utama Indonesia Ferry Bambang Soerjanto dalam siaran pers tersebut.

Maksudnya, petugas Indonesia Ferry akan mendatangi pengguna jasa untuk memberikan tiket.  Selain itu, Indonesia Ferry  telah menempatkan CCTV di titik-titik strategis pelabuhan untuk lebih memudahkan pemantauan terhadap aktivitas di pelabuhan.

”Begitu pula dengan sistem lainnya seperti ship tracking system dan jadwal secara online,” tambah Bambang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di lain pihak peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak sudah mulai tampak. Pada Senin (14/9) jumlah penumpang mencapai 10.194 orang, pada Selasa, meningkat menjadi 13.034.

Para penumpang tersebut terdiri dari penumpang pejalan kaki dan penumpang yang ada di dalam kendaraan. Jumlah pejalan kaki 3.440 orang dan yang di dalam mobil 6.754 pada Senin, sedangkan pada Selasa, penumpang pejalan kaki menjadi 2.870 dan 10.164 penumpang yang berada di dalam kendaraan.

Diperkirakan jumlah tersebut bertambah karena dari jam 01.00-04.00 dini hari (16/9) arus mudik lebih padat. Namun, sampai saat ini belum ada informasi resmi dari Pelabuhan Merak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.