Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beginilah Proses Teroris Menyewa Rumah

Kompas.com - 18/09/2009, 13:36 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Susilo alias Adib, salah satu teroris yang tewas dalam penyergapan di Kampung Kepuhsari, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Solo, menyewa rumah yang menjadi tempat penyergapan tersebut melalui perantara, Yuli Utami.
     
"Saya menjadi perantara pada penyewaan rumah tersebut yang dilakukan enam bulan yang lalu," kata Yuli Utami di Solo, Jumat. Sebelum ada transaksi penyewaan rumah, dia mengatakan, belum mengenal Susilo.
     
"Saya menjadi perantara Susilo karena dikenalkan oleh Asep, seorang ustaz di Pondok Pesantren Al Kahfi Solo," katanya.
     
Dia mengatakan, Asep dan Susilo bekerja di tempat yang sama, Susilo bekerja sebagai ustaz dan memelihara sapi milik pesantren tersebut. "Sebelum terjadi transaksi, Asep yang sehari-hari juga mengantar dan menjemput anak saya, Danu (3,5), memberi nomor telepon genggam saya kepada Susilo," katanya.
     
Dia mengatakan, Asep memberitahu Susilo bahwa rumah yang berada di sebelah rumah milik Yuli ditawarkan untuk disewa. Setelah diberi nomor tersebut, lanjut dia, Susilo menghubungi Yuli. "Setelah itu saya menyuruh Susilo untuk datang ke rumah saya," katanya.
     
"Pada transaksi tersebut tidak dihadiri oleh Sugiyanto alias Totok, pemilik rumah," kata dia. Selain itu, kata Yuli, harga sewa yang disepakati sebesar Rp 1,4 juta untuk waktu sewa satu tahun.
     
"Pembayaran dilakukan dua kali. Pembayaran pertama sebesar Rp 1.000.000, seminggu kemudian Susilo melunasi Rp 400.000 yang menjadi kekurangan pada pembayaran pertama," kata dia. Uang sewa tersebut, kata Yuli, langsung diserahkan kepada dirinya.
     
"Susilo menyewa rumah tersebut beserta perabot-perabot milik Totok yang ditinggal di rumah tersebut," katanya. Jadi, menurut Yuli, sebagian dari barang-barang yang diamankan kepolisian merupakan barang milik Totok.
     
Pada dua bulan pertama, kata Yuli Utami, Susilo belum menempati rumah yang dibangun sejak 10 tahun lalu karena istrinya sedang hamil muda, baru tiga bulan terakhir ini dia dan istrinya menempati rumah itu.
     
Pada berita sebelumnya, penyergapan teroris terjadi di Kampung Kepuhsari pada Rabu malam (16/9) hingga Kamis pagi (17/9). Pada penyergapan yang dilakukan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menewaskan empat orang, salah satunya adalah buronan teroris paling dicari di Indonesia, Noordin M Top.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com