Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Tol Jakarta-Merak Rp 3,467 Triliun

Kompas.com - 25/09/2009, 20:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Reinvestasi jalan tol Jakarta-Merak akan menelan biaya sebesar Rp 3,467 triliun. Perbaikan jalan dengan panjang jalan 73 km tersebut mulai dilakukan tahun ini hingga tahun 2014. "Kita berharap lebih cepat selesai tahun 2013," ucap Direktur Operasi PT Marga Mandala Sakti (MMS) Kristianto selaku operator jalan tol Jakarta-Merak saat jumpa pers tentang pengumuman penyesuaian tarif tol di Departemen Perkejaan Umum (PU) Jakarta, Jumat (25/9). Ikut hadir Direktur PT BSD Purwoto.

Kristianto menjelaskan, perbaikan jalan secara total akan dilakukan dengan mengganti beton baru lalu melapisi dengan aspal sehingga jauh lebih nyaman bagi pengguna jalan. "Nanti anda tidak akan merasakan perbedaan antara jalan tol Jakarta-Tangerang dengan tol Tangerang-Merak," kata dia.

Perbaikan, ucapnya, akan dilakukan secara bertahap. Tahun ini akan dilakukan perbaikan jalan sepanjang 32 km dan dilanjutkan tahun 2010 sepanjang 32 km. Pelebaran jalan akan dilakukan tahun 2012 di ruas jalan Tangerang Barat-Cikupa sepanjang 6 km.

Direktur PT BSD Purwoto selaku operator jalan tol Serpong-Pondok Aren mengatakan, jalan tol dengan panjang 7,25 km tersebut akan diperlebar dari dua jalur menjadi tiga jalur untuk memberikan kenyamanan pengguna. "Melihat lalu lintasnya sebenarnya belum saatnya diperlebar. Tapi untuk kenyamanan pengguna," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com