Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Api Sudah Hanguskan 1.158 Rumah di Penjaringan

Kompas.com - 27/09/2009, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kebakaran yang melanda kawasan Tanah Merah, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, hingga pukul 16.00 sore ini telah menghanguskan total 1.158 rumah. Sejauh ini api belum berhasil dipadamkan sejak kejadian pukul 11.45.

Rumah-rumah tersebut tersebar di dua titik kebakaran di Penjaringan, yakni di kawasan RW 13 Tanjung Wangi, Penjaringan, dan Rusun Melati RW 12, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Hingga saat ini data yang kami punya ada 1.158 rumah yang terbagi di 10 RT dan dua RW," kata Lurah Penjaringan, Ali Mudasir, saat ditemui Kompas.com di lokasi, Minggu (27/9).

Akibatnya, tak kurang dari 5.521 jiwa dari 1.446 kepala keluarga (KK) telah kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran hebat tersebut. Hingga saat ini, kata Ali, pihaknya belum mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran.

"Kita belum tahu sebabnya. Ya sekarang masih diselidiki. Pemadam juga masih bekerja," kata Ali.

Pantauan Kompas.com, saat ini ribuan warga masih mengungsi di kolong ruas jalan tol Bandara Soekarno-Hatta menuju Tanjung Priok, yang letaknya tak jauh dari lokasi kebakaran. Ratusan di antaranya masih terlihat sibuk mengevakuasi perabotan yang masih tersisa di lokasi reruntuhan rumah.

Sementara itu, belum banyak bantuan yang dikerahkan untuk para korban. Sejak siang baru terlihat empat ambulans Palang Merah Indonesia (PMI) dan satu ambulans Jamsostek yang masih bersiaga di lokasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com