Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garut Sudah Patenkan 31 Motif Batik Khas Daerah

Kompas.com - 02/10/2009, 19:22 WIB

GARUT, KOMPAS.com - Sebagai warisan busaya asli Indonesia, batik tersebar di hampir seluruh pelosok daerah termasuk batik khas Garut, Jawa Barat yang sering disebut Batik Garutan. Sejauh ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Garut sudah mendata motif-motif batik garutan yang jumlahnya sudah mencapai ratusan.

"Namun dari ratusan motip produk kearifan lokal tersebut, hingga kini hanya 31 jenis motif yang telah memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sedangkan selebihnya masih diproses," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda setempat H. Budiman, SE, M.Si, Jumat (2/10).

Budiman mengatakan barik garutan memiliki ciri khas bentuk geometrik sebagai ragam hiasnya. Bentuk geometrik umumnya mengarah pada garis diagonal dan bentuk "kawung" (belah ketupat). Selain itu, terdapat motif flora dan fauna. Warnanya didominasi krem dipadukan dengan warna cerah lainnya, yang juga merupakan karakteristik khas batik garutan.

Para pelaku industri batik garutan sudah melakukan kategorisasi untuk produk yang dijual ke pasaran. Kini terdapat tiga logo batik garutan, masing-masing logo emas untuk batik tulis, logo perunggu untuk batik semi batik tulis dan printing, serta logo perak untuk batik printing.

Kegiatan usaha pembatikan di Garut merupakan warisan nenek moyang secara turun temurun dan telah berkembang lama sebelum masa kemerdekaan. Batik Garut semakin popular dengan sebutan Batik Tulis Garutan mulai tahun 1945 dan mengalami masa kejayaaanya antara tahun 1967 hingga 1985 dengan 126 unit usaha. Namun, industri batik garutan mengalami penurunan akibat semakin pesatnya batik printing/batik cap dan kurang minatnya generasi penerus pada usaha batik tulis.

Saat ini pengolahan batik garutan terkonsentrasi di Garut Kota, dengan rata-rata kapasitas produksi setiap tahun 1.296 potong, yang dikelola tiga pengusaha termasuk produsen. Untuk menggiatkan kembali industri batik garutan, Budiman mengharapkan warga Garut mendukung dengan menggunakan batik khas tersebut. Pemerintah daerah setempat juga sudah mewajibkan semua pegawai mengenakan batik setiap Jumat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com