Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedanya Wisman dan Wisnus Menikmati Merapi

Kompas.com - 05/10/2009, 08:57 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Wisatawan mancanegara dan nusantara memiliki perilaku yang berbeda menyusuri jalur trekking menuju Puncak Merapi di Yogyakarta. Wisatawan mancanegara lebih senang memilih jalur trekking Kaliurang-Merapi di bagian selatan Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sementara wisatawan nusantara menyukai jalur Bukit Turgo di bagian barat.

Pengelola paket wisata trekking Kaliurang-Merapi, Christian Awuy, di Yogyakarta, akhir pekan lalu, mengatakan, sedikitnya dua hingga tiga wisman setiap hari membeli paket wisata berjalan kaki di kaki Gunung Merapi itu.
       
Ia mengatakan, keunggulan wisata trekking di dua tempat tersebut adalah memberikan kesempatan kepada wisatawan menikmati keindahan Gunung Merapi, baik melalui Kaliurang maupun Bukit Turgo. "Melalui kegiatan wisata minat khusus itu diharapkan obyek wisata Kaliurang semakin dikenal luas di mancanegara," katanya.
       
Menurut Christian Awuy yang juga menjabat Ketua Asosiasi Perhotelan Kaliurang (Aspek) Yogyakarta, obyek wisata Kaliurang yang merupakan kawasan wisata alam di kaki Gunung Merapi bagian selatan sampai kini masih menjadi tempat tujuan rekreasi keluarga.
        
Obyek wisata yang berjarak 28 kilometer utara Kota Yogyakarta atau tepatnya di Dusun Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, itu setiap hari libur  ramai dikunjungi wisnus.
         
"Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang diharapkan berdampak pada tingkat hunian sekitar 250 hotel bintang, melati, dan pondok wisata di kawasan wisata itu," kata Awuy.
     
Ia mengatakan, fasilitas yang ada di obyek wisata Kaliurang, antara lain taman rekreasi seluas 10.000 meter persegi yang dilengkapi taman bermain anak-anak, kolam renang mini, dan arena mobil mini.
        
Selain itu, di kawasan itu disediakan Gardu Pandang untuk melihat puncak Gunung Merapi, tempat pertemuan terbuka, bumi perkemahan, tempat bermain, kolam renang, serta penginapan.
        
Menurut dia, sekitar 300 meter arah timur laut dari taman rekreasi terdapat Taman Wisata Bukit Plawangan-Turgo. Di kawasan ini terdapat kolam renang Tlogo Putri yang airnya berasal dari mata air di lereng Bukit Plawangan.
        
"Kalau ingin menikmati pemandangan obyek wisata Kaliurang, para pengunjung bisa berkeliling menggunakan kereta mini dengan rute mengelilingi kawasan wisata dari timur ke barat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com