2.439 Siswa Mengikuti Ujian Kesetaraan

Kompas.com - 08/11/2009, 13:20 WIB
Editorbnj

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 2.439 siswa di Kota Kupang akan mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) tahap II tahun 2009, paket A (SD), paket B (SMP) dan paket C (SMA).

Ujian itu akan dilaksanakan Selasa (10/11) mendatang. "Pelaksanaan UNPK itu akan diawali kesetaraan paket C," kata Kabid PLS, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kupang, Marthen Luther Kiki, di Kupang, Minggu.

Ujian akan berlangsung selama empat hari terhitung mulai Selasa hingga Jumat mendatang.
"Sedang untuk paket A dan paket B, akan berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu hingga Jumat mendatang," katanya.

Untuk program kesetaraan paket C, terbagi dalam dua kelompok bidang ilmu, kelompok bidang IPS dan IPA, masing-masing dengan jumlah siswa yang berbeda.

Untuk kelompok IPS jumlah siswa yang terdaftar sebanyak 1.322 siswa, sedang untuk IPA, siswa yang terdaftar 25 siswa. Jumlah dua paket lainnya, untuk Paket A, 171 siswa, sedang paket B, 921 siswa.

Mata pelajaran yang diujikan kepada siswa untuk setiap paket, juga berbeda baik jenisnya maupun jumlahnya, disesuaikan dengan jenjang dan bidang ilmu yang ada untuk masing-masing paket.

"Untuk kelompok kesetaraan paket A, mata pelajaran yang akan diuji berjumlah lima buah, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika," katanya.

Untuk kesetaraan paket B ada enam mata pelajaran, PKn, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta IPA. Untuk paket C akan mendapat jumlah mata pelajaran yang sama dalam UNPK, yaitu tujuh mata pelajaran.

Meskipun ada perbedaan pada beberapa jenis mata pelajaran, karena spesifikasi bidang ilmu yang diajarkan dalam dua bidang ilmu masing-masing tersebut.

Untuk paket C kelompok bidang IPS, mata pelajaran yang diuji adalah PKn, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, Ekonomi serta Matematika.

Sedang bidang IPA, tujuh mata pelajaran yang diujikan, adalah PKn, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Kimia dan Matematika.

"Tempat pelaksanaan UNPK kesetaraan tahap II tahun 2009 untuk masing-masing paket A, B, dan C tersebut, akan dilakukan di beberapa sekolah," katanya.

Masing-masing SMP Negeri I Kupang, SMP Negeri 2 Kupang, SMK Negeri I Kupang serta di masing-masing lembaga pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) atau yayasannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.