Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.439 Siswa Mengikuti Ujian Kesetaraan

Kompas.com - 08/11/2009, 13:20 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 2.439 siswa di Kota Kupang akan mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) tahap II tahun 2009, paket A (SD), paket B (SMP) dan paket C (SMA).

Ujian itu akan dilaksanakan Selasa (10/11) mendatang. "Pelaksanaan UNPK itu akan diawali kesetaraan paket C," kata Kabid PLS, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Kupang, Marthen Luther Kiki, di Kupang, Minggu.

Ujian akan berlangsung selama empat hari terhitung mulai Selasa hingga Jumat mendatang.
"Sedang untuk paket A dan paket B, akan berlangsung selama tiga hari, mulai Rabu hingga Jumat mendatang," katanya.

Untuk program kesetaraan paket C, terbagi dalam dua kelompok bidang ilmu, kelompok bidang IPS dan IPA, masing-masing dengan jumlah siswa yang berbeda.

Untuk kelompok IPS jumlah siswa yang terdaftar sebanyak 1.322 siswa, sedang untuk IPA, siswa yang terdaftar 25 siswa. Jumlah dua paket lainnya, untuk Paket A, 171 siswa, sedang paket B, 921 siswa.

Mata pelajaran yang diujikan kepada siswa untuk setiap paket, juga berbeda baik jenisnya maupun jumlahnya, disesuaikan dengan jenjang dan bidang ilmu yang ada untuk masing-masing paket.

"Untuk kelompok kesetaraan paket A, mata pelajaran yang akan diuji berjumlah lima buah, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), IPA, IPS, Bahasa Indonesia dan Matematika," katanya.

Untuk kesetaraan paket B ada enam mata pelajaran, PKn, Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris serta IPA. Untuk paket C akan mendapat jumlah mata pelajaran yang sama dalam UNPK, yaitu tujuh mata pelajaran.

Meskipun ada perbedaan pada beberapa jenis mata pelajaran, karena spesifikasi bidang ilmu yang diajarkan dalam dua bidang ilmu masing-masing tersebut.

Untuk paket C kelompok bidang IPS, mata pelajaran yang diuji adalah PKn, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, Bahasa Indonesia, Ekonomi serta Matematika.

Sedang bidang IPA, tujuh mata pelajaran yang diujikan, adalah PKn, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Kimia dan Matematika.

"Tempat pelaksanaan UNPK kesetaraan tahap II tahun 2009 untuk masing-masing paket A, B, dan C tersebut, akan dilakukan di beberapa sekolah," katanya.

Masing-masing SMP Negeri I Kupang, SMP Negeri 2 Kupang, SMK Negeri I Kupang serta di masing-masing lembaga pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) atau yayasannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com