Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Resmikan Taman Bacaan di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 20/11/2009, 03:41 WIB

Jakarta, Kompas - Taman bacaan dan toko buku pertama di Kepulauan Seribu diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Pulau Kelapa, Kamis (19/11). Kehadiran fasilitas bacaan dan toko buku ini melengkapi taman bacaan yang sudah ada di Pulau Untung Jawa.

Kehadiran kedua fasilitas ini disambut baik warga setempat. ”Walau termasuk Provinsi DKI Jakarta, fasilitas yang kami miliki masih terbatas. Kehadiran taman bacaan ini kami harap bisa memupuk minat baca warga yang memang tidak ingin tertinggal dengan warga Jakarta lainnya,” kata Bupati Kepulauan Seribu Burhanuddin.

Pada hari yang sama, Fauzi Bowo juga meresmikan perpustakaan becak keliling. Perpustakaan ini untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya sekolah atau di posyandu.

Minimnya fasilitas di Kepulauan Seribu ini diakui Fauzi. ”Sejak Kepulauan Seribu dimekarkan menjadi kabupaten, sekarang Kepulauan Seribu memiliki gedung perpustakaan. Namun, baru gedungnya, sedangkan perpustakaannya belum ada. Saya harap perpustakaan itu bisa terwujud selagi saya masih menjabat Gubernur,” kata Fauzi yang langsung memberikan bantuan berupa buku senilai Rp 25 juta untuk taman bacaan dan tambahan modal sebesar Rp 25 juta untuk toko buku.

Namun, Fauzi berpesan agar buku-buku yang disiapkan di perpustakaan dan taman bacaan Kepulauan Seribu adalah buku-buku yang sesuai dengan minat baca masyarakat setempat.

Fauzi mengakui, saat ini masalah listrik menjadi kendala besar bagi warga yang tinggal di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Listrik di kecamatan ini berasal dari genset sehingga belum tersedia selama 24 jam.

Jika listrik sudah menyala kelak, Fauzi meminta seluruh warga turut menjaga agar tidak terjadi pemotongan kabel bawah laut oleh pencuri atau pemotongan yang tidak sengaja sehingga bisa merusak jaringan. ”Di Kepulauan Seribu Selatan sudah dua kali jaringan kabel bawah laut rusak, entah tidak sengaja dirusak atau dicuri,” katanya.

Tahun ini, Fauzi mengatakan, sudah menganggarkan pembangunan infrastruktur untuk aliran listrik ke Kepulauan Seribu Utara. (ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com