Gubernur Resmikan Taman Bacaan di Kepulauan Seribu

Kompas.com - 20/11/2009, 03:41 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Taman bacaan dan toko buku pertama di Kepulauan Seribu diresmikan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo di Pulau Kelapa, Kamis (19/11). Kehadiran fasilitas bacaan dan toko buku ini melengkapi taman bacaan yang sudah ada di Pulau Untung Jawa.

Kehadiran kedua fasilitas ini disambut baik warga setempat. ”Walau termasuk Provinsi DKI Jakarta, fasilitas yang kami miliki masih terbatas. Kehadiran taman bacaan ini kami harap bisa memupuk minat baca warga yang memang tidak ingin tertinggal dengan warga Jakarta lainnya,” kata Bupati Kepulauan Seribu Burhanuddin.

Pada hari yang sama, Fauzi Bowo juga meresmikan perpustakaan becak keliling. Perpustakaan ini untuk memenuhi kebutuhan ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya sekolah atau di posyandu.

Minimnya fasilitas di Kepulauan Seribu ini diakui Fauzi. ”Sejak Kepulauan Seribu dimekarkan menjadi kabupaten, sekarang Kepulauan Seribu memiliki gedung perpustakaan. Namun, baru gedungnya, sedangkan perpustakaannya belum ada. Saya harap perpustakaan itu bisa terwujud selagi saya masih menjabat Gubernur,” kata Fauzi yang langsung memberikan bantuan berupa buku senilai Rp 25 juta untuk taman bacaan dan tambahan modal sebesar Rp 25 juta untuk toko buku.

Namun, Fauzi berpesan agar buku-buku yang disiapkan di perpustakaan dan taman bacaan Kepulauan Seribu adalah buku-buku yang sesuai dengan minat baca masyarakat setempat.

Fauzi mengakui, saat ini masalah listrik menjadi kendala besar bagi warga yang tinggal di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara. Listrik di kecamatan ini berasal dari genset sehingga belum tersedia selama 24 jam.

Jika listrik sudah menyala kelak, Fauzi meminta seluruh warga turut menjaga agar tidak terjadi pemotongan kabel bawah laut oleh pencuri atau pemotongan yang tidak sengaja sehingga bisa merusak jaringan. ”Di Kepulauan Seribu Selatan sudah dua kali jaringan kabel bawah laut rusak, entah tidak sengaja dirusak atau dicuri,” katanya.

Tahun ini, Fauzi mengatakan, sudah menganggarkan pembangunan infrastruktur untuk aliran listrik ke Kepulauan Seribu Utara. (ARN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.