Wah... Ikan "Arapaima Gigas" Laku Rp 8 Juta

Kompas.com - 25/11/2009, 09:22 WIB
EditorGlo

JAKARTA, KOMPAS.com — Ikan air tawar raksasa, Arapaima gigas, makin digemari. Ikan dari perairan tropis Amerika Selatan ini banyak dijual di Jalan Sumenep, Menteng, Jakarta Pusat.

Harga ikan Arapaima gigas lumayan tinggi. Ikan ini disebut juga ikan gabus amazon. Sepintas, bentuknya memang mirip ikan gabus. Di Jalan Sumenep, seekor ikan seukuran lengan orang dewasa harganya sekitar Rp 1,2 juta. Ada juga Arapaima gigas berumur dua tahun, berat sekitar 15 kg dan panjang 1 meter, harganya Rp 4 juta.

"Belum lama ini sepasang Arapaima gigas laku Rp 8 juta. Pembelinya anggota Polri di Tebet," kata Aye Suharya dari Napoleon Aquarium, kemarin.

Panjang ikan jenis ini menurut keterangan bisa mencapai 3 meter dan bobotnya sekitar 200 kg. Ketika masih kecil, Arapaima gigas berwarna kehitaman. Namun, semakin besar warna di bagian ekor yang tadinya hitam berubah menjadi merah.

Menurut Aye Suharya, Arapaima gigas yang dijual di Jalan Sumenep dikirim dari Bandung, Jawa Barat. "Di Bandung sudah ada yang bisa membudidayakannya," katanya.

Untuk membesarkan ikan ini hingga berbobot 15 kg dibutuhkan waktu dua tahun. "Makanannya ikan mas hidup atau mati sama saja. Ikan ini juga mau makan daging. Di Jakarta ada yang memelihara Arapaima gigas sampai 15 ekor. Sehari bisa habis belasan kilogram ikan mas untuk pakannya," ujar Aye.

Untuk memelihara ikan ini, kata dia, jika masih kecil bisa di akuarium. "Namun, kalau sudah besar harus di kolam. Sebab, dengan fisik dan tenaganya yang besar bisa memecahkan kaca akuarium," ujarnya.

Selain Arapaima gigas, jenis ikan peliharaan yang saat ini banyak peminatnya antara lain ikan aligator, dragon fish, sampai belida afrika yang harganya mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 350.000 per ekor.

"Aquarium scaping"

Selain koleksi ikan besar, aquarium scaping juga diminati para penggemar ikan. Aquarium scaping merupakan gabungan ikan-ikan kecil air tawar dan tumbuhan air tawar. "Sudah hampir dua tahun aquarium scaping ini nge-tren," kata Anto, pedagang ikan hias lain di Jalan Sumenep.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.