Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Karbohidrat Maluku

Kompas.com - 26/11/2009, 11:25 WIB

Minggu lalu, di Solo, dalam rangka ulang tahun ke-50 PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk. (TPS), saya diundang ikut talkshow yang disiarkan di televisi. Pokok bahasannya adalah tentang ketahanan dan diversifikasi pangan. Dalam hal ini, TPS memang punya sejarah yang panjang. Pada awalnya, 50 tahun yang silam, Tan Pia Sioe – Sang Pendiri – memproduksi bihun dari tepung jagung. Ini adalah terobosan penting, mengingat bihun biasanya dibuat dari tepung beras.

Tradisi membuat bihun dari bahan non-beras ternyata memang cukup umum di sekitar Solo-Yogyakarta. Di Yogya, misalnya, dikenal mi lethek, yaitu bihun yang dibuat dari bahan gaplek (singkong yang dikeringkan). Sampai sekarang mi lethek masih diproduksi di sekitar Bantul, dengan cara yang sangat tradisional – yaitu memakai sapi untuk menggerakkan batu besar penghalus tepung. Di masa lalu, untuk mencetak bihunnya dipakai alat pres yang dibebani 4-5 orang bergelantungan pada balok besar. Proses ini disebut “munyuk-munyukan” karena mereka mirip monyet-monyet yang bergelantungan.

Saat ini, TPS melanjutkan tradisi Sang Pendiri dengan mengembangkan usaha di bidang mocaf (modified cassava flour, modifikasi tepung singkong) sebagai bahan makanan pokok non-beras. Sekarang, produk bihun dan mi TPS sudah dicampur dengan sekitar 30% mocaf, untuk mengurangi ketergantungan pada terigu yang harus diimpor. Di masa dekat ini, bila sudah dipasarkan secara luas, mocaf dapat dipakai untuk membuat berbagai kue kering maupun kue basah. Saya sudah mencicipi brownies dari mocaf yang rasanya tidak beda dari brownies tepung terigu.

Sepanjang pengalaman saya, dalam soal diversifikasi dan ketahanan pangan, Kepulauan Maluku merupakan contoh terbaik di Nusantara. Di warung-warung makan khas Maluku, selalu tersedia kasbi (singkong) rebus, ubi jalar rebus, keladi (talas) rebus, dan pisang rebus. Semuanya ini bukanlah kudapan atau jajanan, melainkan makanan pokok sebagai layaknya orang Jawa atau Sumatra makan nasi.

Salah satu rumah makan yang masih menyajikan makanan Maluku secara tradisional adalah RM Paradise di Jalan Paradise Tengah, Ambon. Di rumah makan ini, jarang sekali orang memesan nasi sebagai karbohidrat. Lauk yang cocok untuk karbohidrat ini adalah kohu-kohu (semacam urap di Jawa, tetapi dicampur dengan ikan puri atau semacam teri mentah), tumis jantung pisang, tumis pare, tumis bunga pepaya, dan sambal trasi. Tentu saja, ikan bakar menjadi protein yang cocok untuk sajian tradisional ini. Di RM Paradise, ikan bakar yang populer adalah ikan lema – semacam ikan kembung, tetapi lebih besar. Dagingnya lebih lembut dan manis dibanding ikan kembung. Bila saya tidak salah identifikasi, ikan jenis ini disebut sebagai ikan oci di Sulawesi Utara.

Kasbi juga biasanya disajikan dengan kelapa sisik (kelapa setengah tua yang diiris tipis panjang). Kelapa yang gurih ini menambah kenikmatan makan kasbi. Diperlukan acquired taste untuk dapat makan singkong rebus, keladi rebus, ubi rebus, dan pisang rebus sebagai pengganti nasi. Namun, percayalah, begitu Anda menemukan kenikmatannya, pengalaman makan ini sungguh tak akan terlupakan.

Sagu

Selain umbi-umbian, bahan makanan pokok di Kepulauan Maluku adalah sagu. Di pasar, kita selalu melihat sagu manta (sagu mentah) yang dijual dalam keranjang daun dalam ukuran sekitar sepuluh kilogram. Ada juga yang sudah dipotong-potong menjadi ukuran setengah-kiloan untuk memudahkan pembelian.

Sagu manta biasanya dipakai untuk membuat papeda. Bagi yang belum mengenalnya, papeda atau bubur sagu ini benar-benar mirip sepiring lem untuk menempelkan wallpaper ke dinding. Buburnya tawar – tidak ada rasanya. Karena itu, papeda harus dimakan dengan kuah yang sangat kaya citarasanya, misalnya: ikan kuah asam – yaitu semacam sup ikan dengan citarasa asam.

Ada dua macam ikan kuah asam: bening dan kuning. Yang kuning tentu saja memakai kunyit, ditambah kemiri. Untuk menciptakan rasa asam, biasanya dipakai blimbing sayur atau blimbing wuluh, dan lemon cina (lemon cui dalam bahasa Manado, semacam jeruk nipis yang isinya kuning-jingga dan beraroma harum).

Tetapi, di Tulehu, sekitar satu jam di Utara Ambon, saya temukan sebuah warung sederhana dengan kuah asam kuning agak kental yang sangat lezat. Ternyata, di warung ini dipakai asam mawe – yaitu buah yang dikeringkan dan menciptakan rasa asam yang cantik. Bagi saya, ikan kuah asam kuning yang dimasak dengan asam mawe adalah yang paling mak nyuss. Ternyata, menurut keterangan yang saya peroleh, asam mawe kebanyakan digunakan sebagai bumbu oleh kaum Muslim di Maluku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com