Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Idul Adha, Penumpang Gambir Meningkat 40 Persen

Kompas.com - 27/11/2009, 18:18 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Jelang libur panjang yang diawali oleh libur hari raya Idul Adha, keberangkatan para pemudik dari stasiun Gambir meningkat hingga 40 persen.

Lonjakan penumpang ini terjadi sejak H-2 pada Rabu (25/11) kemarin. Jika pada hari-hari biasanya penumpang dari Gambir hanya berkisar antara 8.000 - 9.000 penumpang, maka pada H-2 dan H-1 kemarin, jumlah penumpang meningkat hingga sekitar 12.000 pemudik.

"Peningkatan jumlah pemudik terutama untuk jalur menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Wakil Kepala Stasiun Gambir, Muhammad Basyir, Jumat (27/11).

Untuk keberangkatan melalui jalur Utara Jawa, kata Basyir, didominasi oleh pemudik jurusan Semarang dan Surabaya-Turi. Sementara di jalur Selatan, kebanyakan pemudik menuju Yogyakarta, Surabaya-Gubeng, dan Madiun.

Mengantisipasi lonjakan tersebut, Basyir mengatakan, pihak stasiun sudah memberangkatkan kereta tambahan. Yakni untuk jurusan Cirebon dan Solo menggunakan KA Argo Lawu. "Sampai saat ini semua terkendali. Semua gerbong kami aktifkan sehingga tidak ada penumpang terlantar," ujarnya.

Pantauan Kompas.com, untuk keberangkatan hari ini tidak terjadi kepadatan berarti di loket-loket stasiun Gambir. Penumpukan hanya terjadi di peron-peron oleh para penumpang yang menunggu jadwal keberangkatan.

Sementara untuk arus balik, Basyir memprediksikan terjadi pada hari Minggu (29/11). Meski demikian, ia memperkirakan, lonjakan tidak akan terlalu tinggi. Relatif sama dengan penumpang pada saat keberangkatan. "Antisipasinya biasa saja. Karena libur ini kan tidak seperti saat Lebaran yang arus baliknya lebih banyak," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com