Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi, Pengunjung ke Objek Wisata Sejarah di Biak

Kompas.com - 28/11/2009, 01:35 WIB

BIAK, KOMPAS.com - Berbagai lokasi objek wisata peninggalan sejarah Perang Dunia II yang ada di Kabupaten Biak Numfor, Papua pada liburan Idul Adha 1430 Hijriyah, Jumat (27/11), tampak sepi dari  kunjungan  warga kota tersebut.
   
Beberapa objek wisata sejarah yang sepi kunjungan warga, di antaranya lokasi museum Cenderawasih Jalan Si Singamangaraja, goa Jepang, tugu perang tentara sekutu, serta monumen perang dunia di Kampung Anggraidi/Paray.
  
Bahkan, lokasi museum Cenderawasih yang mengoleksi beberapa barang budaya maupun peninggalan perang dunia tampak tutup tidak melayani kunjungan warga. "Museum Cenderawasih buka kalau ada kegiatan budaya, ya jika liburan seperti sekarang tidak buka," ungkap Mansar, salah salah warga Biak.
   
Sebelumnya, Kapala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Andris Kafiar memprediksi arus kunjungan warga ke lokasi obyek wisata sejarah akan ramai saat liburan  hari besar atau Minggu.
   
Suasana di beberapa pantai serta tempat rekreasi di kota Biak seperti taman burung dan anggrek di Biak Timur  arus kunjungan warga ke lokasi hiburan itu terlihat tidak seramai dibanding hari Minggu.
   
Hingga Jumat sore pukul 15.45 WIT aktivitas di jalan-jalan protokol kota Biak tampak sepi. Sementara itu,  sejumlah pertokoan maupun pusat perbelanjaan Supermarket di Biak  juga sebagian besar tutup tidak beroperasi pada Idul Adha 1430 H.
   
Umat Islam di Kabupaten Biak Numfor terlihat masih merayakan Idul Adha 10 Dzulhijah 1430 H hingga Jumat sore, dengan melakukan kunjungan  silaturahmi dengan tetangga, teman maupun kerabat terdekat.
   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com