Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Situ Gintung Pertanyakan Bantuan Rp 1,5 Miliar

Kompas.com - 28/11/2009, 13:00 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com — Korban tragedi Situ Gintung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, mempertanyakan dana Rp 1,5 miliar bantuan Pemerintah Kabupaten Tangerang kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk korban bencana.
    
"Dana hibah dari Pemkab Tangerang yang diberikan kepada Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) sebesar Rp 1,5 miliar itu sampai saat ini belum diterima korban bencana," ucap Ketua Forum Komunikasi Korban Tragedi Situ Gintung Ari Lastario di Tangerang, Sabtu (28/11).

Ari menjelaskan, sekitar 316 kepala keluarga (KK) penghuni relokasi Kertamukti I dan II dari 614 KK korban bencana merasa dipermainkan Pemkot Tangsel terkait dana bantuan Pemkab Tangerang yang belum dicairkan. Padahal, dana Rp 1,5 miliar tersebut sudah diberikan Pemkab Tangerang kepada Pemkot Tangsel pada Juni 2009 dan janjinya akan diserahkan kepada korban bencana secepatnya.

"Korban bencana mempertanyakan ke mana dana itu. Mereka sangat membutuhkan sekali," ujar Ari.

Ia mengungkapkan, 614 KK korban bencana Situ Gintung memang telah menerima bantuan dari para donatur dan masyarakat sebesar Rp 6,4 miliar yang telah dibagikan Pemkot Tangsel.

Dana Rp 6,4 miliar untuk korban bencana bukan bantuan dari pemerintah, sementara Rp 1,5 miliar merupakan bantuan dari pemerintah daerah yang belum dibagikan.

Sementara itu, Hasanuddin, warga kampung Gintung RT 01/RW 08, Cirendeu, Ciputat, Kota Tangsel, mengaku, korban bencana sudah menerima pencairan dana Rp 6,4 miliar, baik dari donatur maupun sumbangan dari masyarakat.

Hanya, Hasanuddin mengatakan, sampai saat ini ratusan korban bencana belum menerima pencairan dana dari Pemkot Tangsel sebesar Rp 1,5 miliar bantuan dari Pemkab Tangerang. "Ini yang membuat kita heran, mengapa dana bantuan dari pemerintah tidak diberikan kepada korban bencana," ungkap Hasanuddin.

Wakil Penanggung Korban Bencana Situ Gintung Ahadi yang dihubungi secara terpisah mengutarakan, Pemkot Tangsel memang mengurungkan niat membagikan dana bantuan Rp 1,5 miliar itu. Alasannya, lanjut Ahadi, dana Rp 1,5 miliar dalam aturannya harus dimasukkan ke Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangsel tahun 2010.

"Jadi, kita tidak bisa membagikan dana Rp 1,5 miliar begitu saja, perlu proses dan ada aturan yang jelas," ujar Ahadi.

Asisten I Bidang Pemerintah Kota Tangsel itu menegaskan, dana Rp 1,5 miliar tidak untuk diberikan kepada korban bencana, tetapi untuk rekonstruksi tanggul Situ Gintung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com