Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Toraja Berbenah

Kompas.com - 09/12/2009, 04:19 WIB

Jakarta, Kompas - Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, dapat potongan harga menginap hingga 50 persen. Selain itu, pemerintah daerah juga menggelar Festival Budaya dan Lovely December 2009, yang puncak pelaksanaannya pada 26 Desember di Rantepao.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kabupaten Toraja Utara Lewaran Rantelabi, Direktur Eksekutif Prima Vijaya Indah Tours Nico B Pasaka pada jumpa pers, Selasa (8/12) di Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

”Karena dampak krisis ekonomi ataupun aksi kerusuhan Poso, pariwisata Toraja yang pernah berjaya pada era awal tahun 1990-an menjadi pudar. Kini daerah tujuan wisata itu sudah berbenah diri,” kata Lewaran.

Lewaran menjelaskan, Festival Budaya dan Lovely December 2009 dijadikan titik awal untuk menarik kunjungan wisatawan Nusantara ataupun wisatawan mancanegara lebih banyak lagi ke Toraja.

Nico B Pasaka optimistis, wisatawan ke Toraja dan Indonesia timur umumnya akan semakin meningkat menyusul akan dibukanya jalur penerbangan ke Eropa oleh Garuda Indonesia. ”Ada 218 tour operator Eropa yang menjual Toraja. Untuk itu, pemerintah dan pelaku wisata sudah mulai berbenah kembali,” ujarnya. (NAL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com