TMII Gelar Kirab Agung 1 Muharam

Kompas.com - 17/12/2009, 16:34 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola dan Pengembangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (17/12/2009) sibuk mempersiapkan acara kirab dalam rangka peringatan Tahun Baru 1 Muharam. Panitia saat ini tengah mengecek segala persiapan yang akan digunakan dalam acara kirab nanti. Acara dimulai pukul 16.00 WIB bertempat di Plaza Tugu Api Pancasila dan Sasono Utomo.

Dalam acara ini direncanakan akan hadir Mendagri Gamawan Fauzi, Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Cecep Suparman, serta Direktur Utama TMII Sugiono.

Nantinya dalam acara ini akan dilakukan penyerahan Pusaka Majapahit dan Songsong Agung dari Direktur Utama TMII kepada Senopati Kirab Suro, kemudian dilanjutkan pemberangkatan Pasukan Kirab Suro oleh Subamanggala.

Kirab Pusaka dan tumpeng kemudian akan dibawa mengelilingi Arsipel menuju Sasono Utomo. Sesampainya di Sasono Utomo dilanjutkan dengan Tarian Sakral Kutai Kartanegara, dilanjutkan dengan doa lintas agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME, juga pemotongan tumpeng oleh Direktur Utama TMII kemudian diserahkan kepada Mendagri Gamawan Fauzi dan Dirjen Nilai Budaya Seni dan Film Depbudpar Cecep Suparman. Selanjutnya acara ditutup dengan "hujan berkah" Tumpeng Baskara Nusantara dan Candra Nusantara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.