Wisatawan "Serbu" Ancol dan TMII

Kompas.com - 18/12/2009, 17:50 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki liburan akhir pekan yang dimulai dengan libur Tahun Baru Islam 1431 H, Jumat (18/12/2009), dua destinasi wisata di Jakarta, Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mulai dipadati pengunjung. Liburan panjang menjelang akhir tahun ini mulai dimanfaatkan warga Jakarta dan sekitarnya untuk berwisata.

Hingga pukul 16.30, tidak kurang dari 34 ribu pengunjung memadati kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Humas Taman Impian Jaya Ancol, Sofia Cakti memperkirakan jumlah pengunjung akan terus bertambah menjelang malam. Terutama untuk kawasan pantai Ancol yang menyajikan berbagai wisata kuliner di malam hari. "Prediksinya hingga tengah malam nanti diharapkan mendekati 40 ribu pengunjung," kata Sofia.

Pada libur akhir pekan ini, kata Sofia, pihak Ancol sudah mempersiapkan berbagai acara yang menjadi rangkaian berbagai atraksi hiburan akhir tahun. Mulai dari pertunjukan international, atraksi superhero Wolverine dan Scorpion Pirates, hingga pameran budaya yang memamerkan keramik dari berbagai negara di Pasar Festival. "Dengan berbagai pertunjukan menarik itu, diperkirakan akan terjadi penambahan pengunjung lagi pada Sabtu dan Minggu," tambahnya.

Hal serupa juga terjadi di Taman Mini Indonesia Indah. Sepanjang hari ini, kata Humas TMII Jerry Lahama, tercatat lebih dari 15 ribu pengunjung memadati berbagai anjungan di TMII. Hal ini meningkat pesat jika dibandingkan akhir pekan biasanya yang sekitar 10 ribu orang. "Kemungkinan untuk Sabtu dan Minggu akan lebih banyak lagi karena ada berbagai rombongan dari luar Jakarta yang mengikuti rangkaian acara di TMII," tutur Jerry.

Libur akhir pekan ini, kata Jerry, TMII memang menggelar berbagai persembahan budaya. Hal ini dimulai sejak kemarin dengan menggelar Kirab Budaya Malam Satu Suro. "Untuk besok, di tiap-tiap anjungan punya acara-acara sendiri-sendiri. Seperti di anjungan Aceh akan ada festival tari Saman yang diikuti 25 SMU," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.