Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragunan Perluas Parkir

Kompas.com - 29/12/2009, 15:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Pengelola Taman Margasatwa Ragunan (TMR) akan menambah fasilitas area parkir kendaraan pengunjung. Ini dilakukan untuk mengatasi penumpukan kendaraan di sisi kanan pintu masuk utama (pintu utara), sehingga tidak mengganggu kelancaran kendaraan umum yang melintas jalan di sekitar Ragunan.

Demikian disampaikan Kepala Taman Margasatwa Ragunan, Enny Pudjiwati, dalam siaran pers kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (29/12/2009).  

”Pada musim liburan seperti akhir tahun ini, terjadi lonjakan pengunjung yang sangat besar. Sementara, lokasi parkir yang ada sudah tidak cukup untuk menampung kendaraan pengunjung, khususnya kendaraan roda empat,” ujar Enny.

Oleh karena itu, lanjutnya, pengelola TMR Ragunan akan menambah area parkir baru, di di bagian pintu timur TMR. Rencananya pembangunan area parkir itu akan dilakukan pada tahun 2010.

Menurut Enny, di area parkir mobil, saat ini baru mampu menampung sekitar 2.500 kendaraan roda empat, 300 bis, dan sekitar 15 ribu kendaraan roda dua (motor). Dengan penambahan area parkir, diharapkan TMR Ragunan mampu menampung 5.000 unit mobil, dan peningkatan jumlah pengguna motor yang rata-rata sebesar 30 persen dibandingkan tahun 2008.

Sehingga penumpukan kendaraan roda empat di sekitar pintu utara bisa berkurang, dan tidak mengganggu arus kendaraan umum di sekitar Ragunan.  Pada masa liburan seperti libur Lebaran, Natal atau Tahun Baru, selalu terjadi lonjakan pengunjung. Pada hari Minggu ini yang merupakan hari terakhir libur panjang Natal dan cuti bersama, misalnya, jumlah pengunjung mencapai 70 ribu.

”Saya memprediksi jumlah pengunjung pada masa liburan tahun baru akan lebih banyak lagi. Mungkin bisa mencapai 100 ribu pengunjung,” jelasnya.

Untuk menghadapi libur Tahun Baru 2010, pengelola TMR Ragunan menyatakan siap memberikan pelayanan maksimal. Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan merenovasi area Children Zoo (khusus untuk anak-anak).

”Di area Children Zoo, kami menambah delapan unit permainan anak, sehingga mereka bisa lebih leluasa bermain. Selain itu, pada libur panjang akhir tahun ini ada penambahan satwa, diantaranya kehadiran dua ekor Harimau Sumatera yang baru lahir, dan dua ekor Racoon yang didatangkan dari Kanada,” Enny menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com