Wali Kota Jaksel Libas Parkir Liar di Kawasan Blok M

Kompas.com - 15/01/2010, 10:03 WIB
Editorhertanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, menegaskan pihaknya akan memberantas lokasi-lokasi parkir liar di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Menurut Syahrul, pihaknya menerima banyak keluhan maupun masukan dari warga masyarakat, khususnya pengunjung kawasan belanja di Kebayoran Baru tersebut.

Syahrul yang ditemui para wartawan, Kamis (14/1/2010) siang, menjelaskan bahwa pihaknya, dalam waktu dekat akan segera turun ke lapangan untuk menata parkir di kawasan Blok M agar terlihat rapi dan enak dipandang serta aman.

Terkait dengan penataan tersebut, para pengunjung kawasan Blok M yang menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil, diarahkan masuk ke gedung-gedung parkir yang ada di kawasan itu.

Syahrul berharap pengunjung Blok M mengikuti arahan tersebut dan bersedia parkir di lokasi resmi. "Area parkir sudah disediakan di setiap gedung yang ada dengan pungutan yang sangat wajar," ujarnya.

Syahrul juga mengatakan, penataan parkir di kawasan Blok M merupakan kewenangan UPT Parkir (Dinas Perhubungan) dan PD Pasar Jaya sehingga seluruh pungutan retribusi parkir masuk ke kas daerah sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penataan parkir tersebut juga diharapkan meningkatkan PAD.

Syahrul juga berjanji akan melakukan penertiban kendaraan-kendaraan yang parkir di bahu jalan atau parkir on the street. Bila masih ditemukan parkir liar di bahu jalan, pihaknya akan menegur instansi terkait.

Masalah parkir merupakan salah satu masalah pelik di DKI. Pada Maret-April 2009, Pemprov DKI memberlakukan sanksi penggembokan roda pada kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya. Namun, penertiban ini terkesan sesaat karena selama Mei-Desember lalu, penindakan berupa penggembokan roda kendaraan yang parkir sembarangan tak terdengar lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penertiban parkir liar di pusat-pusat keramaian ataupun di pasar juga pernah dilakuan Pemprov DKI di Glodok, Roxy, dan Pasar Baru, pada April 2009. Namun beberapa hari setelah penertiban, parkir liar muncul kembali. (yos)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.