Babeh Bukan Penjahat Organ

Kompas.com - 15/01/2010, 17:55 WIB
Editormade

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Satuan Kejahatan dengan Kekerasan Polda Metro Jaya AKBP Nico Afinta menegaskan, tersangka "Babeh" Baekuni (49) bukan penjahat organ. Berdasarkan pemeriksaan, pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, ini tidak mengambil dan menjual organ korban. Sebelumnya, polisi sempat menduga bahwa Babeh menjual organ-organ dari tujuh bocah jalanan yang dia bunuh.

Polisi, lanjut Nico, tidak menemukan adanya organ hilang dari potongan jenazah yang berhasil ditemukan. "Kasus Babeh tidak ada kaitannya dengan penjualan organ. Dia tidak mengambil organ untuk dijual atau dimakan," ujar Nico, Jumat (15/1/2010) kepada para wartawan di Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Terkait hilangnya jeroan pada jasad Adi (12) yang ditemukan di Pasar Klender pada tahun 2007, Nico mengatakan bahwa hilangnya organ tubuh tersebut bisa disebabkan oleh hal lain.

Nico menambahkan, pihaknya saat ini tengah bekerja sama dengan Polda Jawa Tengah untuk mengembangkan penyidikan. Pasalnya, polisi menemukan baju karate Inkai Jawa Tengah di tempat kejadian perkara (TKP) korban Rio di Bekasi sekitar bulan Januari 2008. Polisi menduga ada bocah jalanan di Jawa Tengah yang turut menjadi korban Babeh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.